HUBUNGAN SELF-CONTROL DENGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS X
DOI:
https://doi.org/10.24114/psikologikonseling.v17i2.69435Keywords:
Self-Control, Intensitas Bermain Game Online, MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-control dengan intensitas bermain game online pada mahasiswa Universitas X. Game online telah menjadi aktivitas yang digemari kalangan mahasiswa, namun tingginya intensitas bermain dapat menimbulkan dampak negatif, termasuk penurunan performa akademik dan gangguan kesehatan fisik serta psikologis. Self-control, merupakan kemampuan individu dalam mengendalikan dan mengatur dorongan, menjadi faktor yang diperkirakan dapat mempengaruhi intensitas bermain game online. Intensitas bermain game online adalah aktivitas bermain secara daring menggunakan gawai, yang dilakukan secara berulang dengan durasi waktu dan periode tertentu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa Universitas X yang aktif bermain game online. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner self-control scale (SCS) dan juga skala intensitas bermain game online, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji korelasi. Hasil analisis yang diperoleh terdapat korelasi negatif dan juga signifikan antara self-control dengan intensitas bermain game online (r = -0.532; p < 0,001). Dari hasil yang diperoleh, maka dapat diartikan bahwa self-control dengan intensitas bermain game online terdapat hubungan yang signifikan pada penelitian ini.References
Afnan, A., Fauzia, R., & Tanau, M. U. (2020). Hubungan efikasi diri dengan stress pada mahasiswa yang berada dalam fase quarter life crisis. Jurnal Kognisia, 3(1), 23-29.
Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality and Behavior, (2nd edition), Berkshire, UK: Open University Press-McGraw Hill Education.
Apriliyani, A. (2020). Hubungan intensitas bermain permainan online dengan kecerdasan emosional. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 40-47.
Azis, R. N. (2011). Hubungan Kecanduan Game Online dengan Self Esteem Remaja Gamers di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Duckworth, A. L., Taxer, J. L., Eskreis-Winkler, L., Galla, B. M., & Gross, J. J. (2019). Self-control and academic achievement. Annual review of psychology, 70(1), 373-399.
Griffiths, M., Hussain, Z., Grüsser, S. M., Thalemann, R., Cole, H., Davies, M. N., & Chappell, D. (2011). Social interactions in online gaming. International Journal of Game-Based Learning (IJGBL), 1(4), 20-36
Hasmarlin, H., & Hirmaningsih, H. (2019). Self-compassion dan regulasi emosi pada remaja. Jurnal Psikologi, 15(2), 148-156.
Izza, F. A. N., & Hazim, H. (2023). Hubungan Self-Control Denganintensitas Bermain Game Online Pada Siswa SMP PGRI Ngoro Mojokerto. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(3), 372-383.
Kartini, H. (2016). Hubungan antara konformitas teman sebaya dan intensitas bermain game online dengan intensi berperilaku agresif pada siswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(4).
Kuss, D. J., & Griffiths, M. D. (2012). Internet and gaming addiction: a systematic literature review of neuroimaging studies. Brain sciences, 2(3), 347-374.
La Febrina, C. (2014). Pengaruh intensitas bermain game on-line terhadap agresivitas siswa. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 9(1), 28-35.
Lusiana, V. (2023). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Kesehatan Mental Siswa Smai Nfbs Lembang. HEALTHY: Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 2(1), 29-41.
Magistarina, E. (2024). The Relationship Of Self-Control With Online Game Addiction Among Teenagers In Kenagarian Taeh Bukik. In Trend: International Journal in Global Psychological Science and Education, 1(2), 71-81.
Matulessy, A., & Muhid, A. (2022). Efektivitas permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa: literature review. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 165-178.
Mertika, M., & Mariana, D. (2020). Fenomena game online di kalangan anak sekolah dasar. Journal of Educational Review and Research, 3(2), 99-104.
Nada, N.Q. (2024). The Influence of Digital Technology on Adolescent Social Interaction: An Analysis of the Social Media Phenomenon. doi: 10.31235/osf.io/hsp28
Nashir, H., & Putra, A. R. (2023). Hubungan Kecanduan Game Online dengan Kualitas Tidur Mahasiswa FK Unisba Angkatan 2021. In Bandung Conference Series: Medical Science (Vol. 3, No. 1, pp. 612-616).
Nasution, N., Sagala, N.S., & Ritonga, S.H. (2022). Hubungan Intensitas Penggunaan Game Online Dengan Interaksi Sosial Pada Remaja Di Lingkungan 4 Kelurahan Hutasuhut Kecamatan Sipirok. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia / Indonesian Health Scientific Journal, 7 (2), 127–131.
Nurhidayati, S. W., & Iqbal, M. (2024). Fenomena Kecanduan Game Online Pada Remaja (Studi Kasus di Kec. Sukaraja, Kab. Seluma, Prov. Bengkulu). Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(2), 01-15.
Putra, F. F., Rozak, A., Perdana, G. V., & Maesharoh, I. (2019). Dampak Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Mahasiswa Telkom University. Jurnal Politikom Indonesiana, 4(2), 98-103.
Qi, D., Li, X., & Zhu, S. (2024). Unpacking the Myth in the Associations Between Self-control and Gaming Disorder in Children and Adolescents: A Comparison Between Traditional and Random Intercept Cross-lagged Panel Model Analyses. International Journal of Mental Health and Addiction, 1-15.
Stavrova, O., Pronk, T., & Kokkoris, M. D. (2020). Finding meaning in self-control: The effect of self-control on the perception of meaning in life. Self and Identity, 19(2), 201-218.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan. Cetakan Kelima Belas: Alfabeta.
Tiemeijer, W. L. (2022). Self-control: individual differences and what they mean for personal responsibility and public policy. Cambridge University Press.
Hardi, U. (2021). Hubungan Intensitas Bermain Game Onlinedengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Ursia, N. R., Siaputra, I. B., & Sutanto, N. (2013). Prokrastinasi Akademik Dan Self-Control Pada Mahasiswa Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya-Academic Procrastination And Self-Control In Thesis Writing Students Of Faculty Of Psychology, Universitas Surabaya. Makara seri sosial humaniora, 17(1), 1-18.
Unger, A., Bi, C., Xiao, Y. Y., & Ybarra, O. (2016). The revising of the Tangney Self‐control Scale for Chinese students. PsyCh journal, 5(2), 101-116.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

