PENGARUH EKSPOSUR KOREAN WAVE (HALLYU) TERHADAP ADIKSI ALKOHOL PADA REMAJA PENGGEMAR K-POP
DOI:
https://doi.org/10.24114/psikologikonseling.v17i2.69438Keywords:
Eksposur Korean Wave, Adiksi Alkohol, Penggemar K-PopAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh eksposur Korean Wave (Hallyu) terhadap adiksi alkohol pada remaja penggemar K-Pop. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan kausal. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 128 responden yang merupakan remaja penggemar K- Pop yang tergabung dalam komunitas Zerose dengan 97 responden sebagai sampel yang didapatkan melalui teknik random sampling dengan rumusSlovin. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen eksposur KoreanWave dengan 21 item valid dan reliabilitas sebesar 0,755 dan instrumen AUDIT(Alcohol Use Disorders Identification Test) dengan 10 item valid dan reliabilitassebesar 0,427. Uji deskriptif pada penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat eksposur Korean Wave berada dalam kategori sedang hingga tinggi, sementaratingkat adiksi alkohol berada dalam kategori ringan hingga sedang, namunterdapat sebagian kecil responden yang menunjukkan adiksi alkohol pada kategori berat. Adapun hipotesis pada penelitian ini diuji menggunakan uji regresi linier sederhana dengan persamaan regresi Y = −7,645 + 0,257X. Ini berarti bahwasetiap peningkatan satu nilai dalam eksposur Korean Wave akan meningkatkantingkat adiksi alkohol sebesar 0,257. Analisis regresi tersebut menunjukkanadanya pengaruh positif yang signifikan antara eksposur Korean Wave dan adiksi alkohol. Dengan kata lain, semakin tinggi eksposur yang diterima remaja terhadapbudaya Korea, semakin besarrisiko mereka mengalami adiksi alkohol.References
Adi, G. K. H. (2019). Korean Wave (Studi Tentang Pengaruh Budaya Korea Pada Penggemar K-Pop di Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Budaya).
Amelia, R. (2022). Efektivitas teknik self control terhadap remaja yang kecanduan minuman keras di lingkungan Talibungin Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai (Doctoral dissertation). Universitas Islam Ahmad Dahlan.
American Psychiatric Association, D. S. M. T. F., & American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders: DSM-5 (Vol. 5, No. 5). Washington, DC: American psychiatric association.
Ariffin, Z. Z. (2013). Analyzing the dimension of Korean popular culture among Malaysian adolescent. Proceedings.
Azmi, U. (2019). Dampak Korean Wave (Hallyu) Terhadap Perilaku Konsumen Pada Mahasiswa STIE Nobel Indonesia Makassar. STIE Nobel Indonesia Makassar.
Khairil, M., & Yusaputra, M. I. (2019). Efek ketergantungan remaja k-popers terhadap media sosial di Kota Palu. Jurnal Aspikom, 4(1), 14-25.
Kim, D., Cho, S.-D., & Jung, G. (2015), “Gelombang Budaya Rumah Dan Kinerja MNC. Gelombang Korea (Hallyu),” Gelombang Kebudayaan Rumah Tangga Dan Pemasaran Internasional MNC Di Lingkungan Yang Mengubah Pesat,
Reeves, D. (2010). Angkot dan bus Minangkabau: Budaya Pop dan Nilai-nilai Budaya Populer. Depok: Komunitas Bambu.
Sari, E. B. (2023). Pengaruh Korean Wave Terhadap Minat Beli Produk Korean Food Menurut Teori Perilaku Konsumen Islam (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al- Banjari).
Wais Kurniasih, L. (2023). Pengaruh Fenomena Hallyu (Korean Wave) Terhadap Gaya Hidup Remaja ARMY (Adorable Representative M.C. for Youth) BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Wicaksono, Y. V. (2017). Hubungan antara Konformitas Negatif dengan Perilaku Konsumsi Minuman Beralkohol Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Salatiga Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP-UKSW).
World Health Organization. (2011). melalui www.who.int diakses pada 10 April 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

