PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2016/2017

Naipa Hanum, asiah asiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Self Management Terhadap Pola Hidup Bersih Dan Sehat Siswa di Kelas VII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April s/d Mei 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu dengan jenis Pre test-post test one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-4. Sampel ditarik dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 8 orang yang berasal dari kelas VII-4 dengan sampel yang homogen. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket pola hidup bersih dan sehat berjumlah 41 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 17 dengan a = 0,05, adapun J tabel = 4. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 17 > 4. Artinya hipotesis diterima. Data pre-test pola hidup bersih dan sehat diperoleh skor rata-rata 80,1, sedangkan data post-test penyesuaian diri dengan teman sebaya diperoleh skor rata-rata sebesar 122. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat konseling kelompok teknik self management lebih tinggi daripada sebelum mendapat konseling kelompok teknik self management, konseling kelompok teknik self management memberikan kontribusi sebesar 52,30% terhadap peningkatan pola hidup bersih dan sehat siswa di kelas VII-4 SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/konseling.v10i1.9632

Article Metrics

Abstract view : 172 times
PDF - 1239 times

Copyright (c) 2017 Naipa Hanum, asiah asiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.