The Effect of Group Counseling with Problem Solving Techniques on Learning Time Management for Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adebisi, J. F. (2013). Time management practices and its effect on business perfomance. Canadian Social Science, 9(1).
Aisyah, N., Hawa, S., Somakim, Purwoko, Hartono, Y., & Masrinawatie, A. (2007). Pengembangan pembelajaran matematika SD. Jakarta: Depdiknas.
Amral, & Asmar. (2020). Hakikat Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: Guepedia.
Astuti, Y. P., Supardi, & Ajie, G. R. (2020). Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving terhadap manajemen waktu belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gubug. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(2).
Atkinson, R. L. (1994). Manajemen waktu yang efektif. Jakarta: Binarupa Aksara.
Atmaja, S. N., Ooktavianna, R., Saputri, S. W., Purwatiningsih, & Benarda. (2021). Time management untuk hidup lebih efisien dan efektif. Jurnal Keungana Umum dan Akuntasi Terapan, 3(1).
Erika, A. K. (2021). Literatur review: penerapan sintaks model pembelajaran problem solving pada kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan, 5(1).
Fahmayanti, N. (2016). Motivasi dan manajemen waktu pada mahasiswa wirausaha. Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2).
Fajhriani, D. N. (2020). Manajemen waktu belajar di perguruan tinggi pada masa pandemi Covid-19. Journal of Islamic Educational Management, 1(3).
Fitriah, N. (2014). Manajemen waktu belajar mahasiswa keperawatan dalam melaksanakan metode problem based learning (PBL) di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta: Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Forsyth, P. (2009). Janganlah Sia-siakan Waktumu. Yogyakarta: Grata Ilmu.
Gea, A. A. (2014). Time management: menggunakan waktu secara efektif dan efisien. Humaniora, 5(2).
Harlina, A. P. (2013). Mengembangkan kemampuan manajemen waktu melalui layanan penguasaan konten dengan teknik kontrak perilaku pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 21 Semarang tahun ajaran 2013/2014. Universitas Negeri Semarang. Semarang: Unnes.
Hartanti, J. (2022). Bimbingan kelompok. Surabaya: UD Duta Salon.
Hartinah, S. (2009). Konsep dasar bimbingan kelompok. Bandung: Refika Aditama.
Hasanah, & Daharnis. (n.d.). Leaning Time Management of Full Day School Students In Junior High School Ant Its Implication To Guidance And Counselling Services. Jurnal Neo Konseling, 1-7.
Hayes, M. E. (2020). Time management. Jakarta: PT Indeks.
Ilmiati, E. (2020). Penggunaan teknik problem solving dalam bimbingan kelompok untuk menurunkan kesulitan belajar siswa SMP. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling.
Macan, T. H. (1994). Time management: test of a process model. Journal of Applied Psychology, 79(3).
Majid, A. (2015). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Makinde, O. (1988). Fundamentals of guidance and counseling. London: Macmillan Education Llimited.
Malm, B. (2020). On the complecities of educating student teacher: teacher educators views on contemporary challenges to their profession. Journal of Education for Teaching, 46(3).
Mubarrod, A. S., & Abdullah, K. (2023). Pengaruh metode probelm solving terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN Cengkareng Barat 03 Pagi Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1).
Nurhidayati, D. D. (2016). Peningkatan pemahaman manajemen waktu melalui bimbingan kelompok degan teknik problem solving pada siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1).
Pinahayu, E. R. (2017). Problematika penerapan model pembelajaran problem solving pada pelajaran matematika SMP di Brebes. Jurnal Penelitian Matematika, 1(1).
Prayitno, & Erman, A. (2015). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno. (1995). Layanan bimbingan dan konseling kelompok (dasar dan profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Prayitno. (2004). Seri layanan bimbingan kelompok dan konseling kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang.
Puspitasari, W. (2013). Hubungan antara manajemen waktu dan dukungan sosial dengan prestasi akademik mahasiswa yang bekerja. Jurnal Fakultas Psikologi, 2(1).
Rahardi. (2008). Pengaruh manajemen waktu dan motivasi mengajar terhadap kompetensi profesional guru di sekolah menengah atas Kota Pekalongan. Universitas Negeri Semarang. Pekalongan: Unnes.
Rismi, R., Yusuf, M., & Firman, F. (2022). Bimbingan kelompok untuk mengembangkan pemahaman nilai budaya siswa. Journal of Counseling, education and Society, 3(1).
Rusman. (2018). Belajar dan pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Rusmana, N. (2009). Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah (Metode, Teknik, dan Aplikasi). Bandung: Rizky Press.
Safitri, C. N. (2016). Peningakatan kemampuan pemecahan masalah matermtika melalui strategi problem solving tipe drwa a picture (PTK pembelajaran matematika kelas VIII semester genap SMP Negeri 2 Kartasura tahun 2015/2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Silviani, M. (2020). Pentingnya manajemen waktu dalam mencapai efektivitas bagi mahasiswa (studi kasus mahasiswa program studi manajemen Unisi). Jurnal Analisi Manajemen, 1(1).
Singh, & Jain, S. C. (2013). Working process of time management in SAPBHR Module. International Journal of Management Research and Reviews.
Taufik, T. (2021). Implementing group counseling to change student's insight pattern about learning in the COVID-19 pandemic. Journal of English Language Teaching and Literature.
Tracy, B. (2013). Time management. New York: American Management Association.
Weinberg, H. (2020). Online group psychotherapy: challenges nd possibilities during COVID-19 a practice reciew. Group Dynamics: Theory, Research, and Practice, 24(3).
Winkel, W. S. (1996). Psikologi pengajaran. Jakarta: PT. Grasindo.
Zebua, E. K., & Santosa, M. (2023). Pengingat manajemen waktu dalam meningkatan kualitas belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2).
DOI: https://doi.org/10.24114/altruistik.v4i2.67531
Article Metrics
Abstract view : 43 timesPDF - 33 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mirza Irawan, Miswanto, Erwita Ika Violina, Bicer Brio
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.. View My Stats