Analisa Business Process Reengineering Dalam Pengembangan Sistem Distribusi Produk Lensa Mata Berbasis Mobile Application

Riri Fajriah, Syukri Nazar

Abstract


Business process reengineering adalah salah satu cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk memperbaiki kinerja operasional bisnis. Permasalahan yang sering dihadapi oleh perusahaan distribusi adalah bagaimana menjaga komitmen yang baik kepada pelanggan dalam hal pengantaran produk yang dapat diterima tepat waktu dan dalam kondisi yang baik. Hal ini pun yang menjadi perhatian pada PT Galeri Mata Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang distribusi produk lensa mata. Oleh karena itu perusahaan berencana untuk melakukan tinjauan evaluasi bisnis proses yang berjalan saat ini dengan mengimplementasikan metode analisa value chain dan critical success factor (CSF). Adapun konsep business process reengineering yang akan dilakukan bertujuan untuk memberikan hasil analisa perbaikan proses bisnis dan strategi perencanaan rancangan pengembangan sistem distribusi yang akan dilakukan oleh PT Galeri Mata Indonesia berbasis mobile application. Sehingga pelayanan distribusi lensa mata kepada pelanggan dapat mencapai service level agreement (SLA) yang baik, memuaskan serta meningkatkan keuntungan perusahaan.


Keywords


Businee Process Reengineering; Value Chain; CSF; SLA; Distribusi; Mobile Application;

Full Text:

PDF

References


Fitzgerald, Brian and Klass-Jan Stol. (2015). “Continuous Software Engineering : A Roadmap and Agenda”. Elsevier : The Journal of Systems and Sofware. DOI : https://doi.org/10.1016/j.jss.2015.06.063

Deriani, Ni Wayan. (2017). “Pemilihan Konsep E-Commerce dan Business Process Re-engineering Penjualan Produk Olahan Kopi”. Konferensi Nasional Sistem & Informatika 2017, STMIK STIKOM Bali, 10 Agustus 2017.

Harahap, Ali Hasian. (2018). “Optimalisasi Proses Pengadaan Dengan Metode Rekayasa Ulang Bisnis Proses (BPR) Studi Kasus PT Inalum (Persero)”. Universitas Sumatera Utara.

Porter, M.E. (1985). “Competitive Advantage : Creating and Sustaining Superior Performance”. New York : Simon and Schuster.

Z. Alreemy, V. Chang, R. Walters, and G.Wills, “Critical Success Factors (CSFs) for information technology governance (ITG),” Int. J.Inf.Manage., vol.36, no.6, pp. 907-916, 2016.

Edwita, Annisa, Sensuse, D.Indra, dan Noprisson, Handrie. (2017). “Critical Success Factors of Information System Development Projects”. 2017 International Conference on Information Technology Systems and Innovation (ICITSI), Bandung, October 23-24, 2017. ISBN : 978-1-5386-3100-3.

Wisayani, Ni Luh, Kertahadi, dan Riyadi. (2014). “Analisis Business Process Reengineering Untuk Mengevaluasi, Merekayasa Ulang, dan Memperbaiki Monitoring Kontrak Pada PT PLN (Persero) Dist. Jatim Area Malang”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol.8 No.1 Februari 2014. https://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Wimpertiwi, Dotty, Agung H. Sasongko, dan Antonius Kurniawan. (2014). “Konsep Business Process Reengineering Untuk Memperbaiki Kinerja Bisnis Menjadi Lebih Baik : Studi Kasus Perusahaan Susu Kedelai “XYZ”. Binus Business Review, Vol.5 No.2 November 2014; 658-668.

Wiyono, Dani Eko, Farhan HM.S, dan Taufiq Immawan. (2016). “Konsep Business Process Engineering Guna Pembenahan Sistem dan Kinerja Bisnis Perusahaan Manufaktur”. Teknoin Vo. 22 No. 3 September 2016 : 01-08.

Esbenshade, Jill, et.al. (2016). “Customer-driven Management Models for Choiceless Clientele ? Business Process Reengineering in California Welfare Agency”. Sagepub.co.uk/journalsPermissions.nav. DOI : 10.1177/0950017015604109

Devianto, Yudo & Dwiasnati, Saruni,. (2018). “Application of e-Business on The Application of Corporate Social Responsibility (CSR) Data Processing”. International Journal of Computer Techniques-Volume 5, Issue 4 July-Aug 2018. Page 37-44. ISSN : 2394-2231.

R.Sahara, & I.Ranggadara. (2018). “Design and Implementation of Treasury Application Based on Mobile in Student Organization Mercu Buana University”. International Journal of Computer Science and Mobile Computing, Vol.7,Issue.2, February 2018,pg.1-8.ISSN 2320-088X.

Hayati, Nur. (2016). “Analisis Bisnis Internal dengan Metode Critical Success Factors (CSF) dan Value Chain (Studi Kasus PT. Farmasi X)”. Jurnal Ilmiah FIFO. Volume VIII/No.1/Mei/2016. Hal.62-71. P-ISSN 2085-4315 / E-ISSN 2502-8332.

Osterwalder, A., and Pigneur, Y. (2012). “Business Model Generation”. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Sari, Yunita Sari. (2018). “Analysis and Design Outpatient Administration Information System With Object Oriented Methodology”. International Educational Journal of Science and Engineering. Volume : 1, Issue : 4, November 2018. E-ISSN No. 2581-6195.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v5i1.14353

Article Metrics

Abstract view : 5401 times
PDF - 2972 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License