DESAIN INTEGRASI PEMBELAJARAN DENGAN PENILAIAN ABAB 21 SESUAI DENGAN KURIKULUM 2013

Asnarni Lubis, Nazriani Lubis

Abstract


Berdasarkan road map penelitian di Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah dibidang IPPK untuk menganalisis kesulitan dalam K13 dan model pembelajaran karakter, dalam hal ini diketahui belum mencapai kebutuhan pada tahun 2020 artinya sangat diperlukan penyelesaian masalah yang dihadapi. Tujuan khusus penelitian ini adalah merumuskan konsep perencanaan kesesuaian kebutuhan mahasiswa dalam memberikan faktor kesulitan keterbatasan mahasiswa dalam mengaplikasi pembelajaran K13 berbasis karakter di FKIP UMN Al Washliyah. Metode Penelitian adalah penelitian pengembangan dengan desain ADDIE. Populasi Penelitian adalah seluruh mahasiswa Tahun Ajaran 2018/2019 FKIP UMN AW, dengan demikian sampel diambil acak, Sampel yang digunakan adalah mahasiswa yang akan melaksanakan Magang III FKIP UMN Al Washliyah sebanyak sampel adalah 70 mahasiswa. Teknik pengumpulan data adalah angket dan wawancara, dengan teknik analisa adalah analisis faktor IBM SPSS 22 for Windows. Hasil pada tahun pertama pada tahapan analisis, diketahui mahasiswa mengalami kesulitan dan ketidakpahaman, tidak mampu mendesain pembelajaran serta penilaian abad 21, selanjutnya tahapan desain diperlukan modul untuk meningkatkan kinerja mahasiswa mengikuti program Magang III.

Keywords


K13, Desain, Aktivitas Pembelajaran, Penilaian Abad 21

Full Text:

PDF

References


(1) Tim Penyusun. Rencana Strategis (Renstra) Penelitian Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah ( 2016- 2020). (2016). Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah. Medan.

(2) Unit Progran Pengalaman Lapangan. Buku Panduan Kegiatan Program Magang III Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. (2018). Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah. Medan

(3) Enggarwati., Kesulitan GURU SD Negeri Glagah Dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik Pada Kurikulum 2013. (2015). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 12 Tahun ke IV:2

(4) Setiadi., Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013. (2016). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 20, Nomor 2:167

(5) Lubis., A. Pengaruh Kolaborasi Strategi Cooperative Learning Dengan Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Dan Nilai Karakter Peserta Didik. (2014). Jurnal Kultura Vol 3/No.1.:4698

(6) Wangid, Mustadi, Evriana, Arifin., Kesiapan Guru SD Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematikintegratif Pada Kurikulum 2013 Di DIY. (2015). Jurnal Prima Edukasia, Volume 2 - Nomor 2:175

(7) Dewantari dan Hariyatmi.. Identifikasi Kesulitan Guru Ipa Dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum 2013 DI SMP Negeri 1 Wonogiri Tahun Pelajaran 2014/2015. (2016). Artikel ilmiah:1

(8) Mahanal., Peran Guru Dalam Melahirkan Generasi Emas Dengan Keterampilan Abad 21. (2014). Prossiding. Seminar Nasional Pendidikan HMPS Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo:2

(9) Zubaidah. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. (2016). Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, tanggal 10 Desember 2016 di Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang – Kalimantan Barat:3

(10) Wijaya, Sudjimat, Nyoto, Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. (2016). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Volume 1:266

(11) Sugiono., (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Penerbit Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.24114/jipk.v1i2.14764

Article Metrics

Abstract view : 430 times
PDF - 292 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CONTACT US

Chemistry Education Study Program
Chemistry Laboratory Bldg 19
Faculty of Mathematics and Natural Science 
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar, Psr V Medan Estate, Medan Indonesia (20222)
Email: Jinovpkim@unimed.ac.id
Telp/WA: 082274239349; 081221555995; 081263935974