Pengembangan Pembelajaran Kimia Larutan Berdasarkan Ilmu Pengetahuan dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar dan Minat Siswa di Kelas XI SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariningtyas, A., Wardani, S., dan Mahatmanti, W., (2017), Efektivias Lembar Kerja Siswa Bermuatan Etnosains Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA, Journal of Innovative Science Education, 6(2):187-196.
Astuti, W. P., Prasetyo, A. P. B., dan Rahayu, E. S., (2012), Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Berbasis Literasi Sains Pada Materi Sistem Ekskresi, Lembaran Ilmu Kependidikan, 41(1) : 39-43.
Asyhari, A. dan Hartati, R., (2015), Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2) : 179-191.
Depdiknas, (2008), Panduan Pengembangan Bahan Ajar, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah, Jakarta.
Hidayani, F., Rusilowati, A., Masturi, (2016), Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Materi Fluida Statis, Unnes Physics Education Journal, 5(3) : 25-31
Hutabalian, T., (2014), Pengembangan Buku Ajar Kimia Inovatif Kelas X SMA Semester I Sesuai Kurikulum 2013, Tesis, FMIPA, Universitas Negeri Medan, Medan.
Kemendikbud, (2017), Materi Pendukung Literasi Sains, Kemendikbud, Jakarta.
Nurhidayatullah, N. dan Prodjosantoso, A. K., (2018), Miskonsepsi Materi Larutan Penyangga, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1) : 41-51.
OECD, (2013), PISA 2012 Assassement and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Diakses dari http://www.oecd.org.
Purwati, D., dan Suhirman, (2017), Pengembangan Bahan Ajar Perkuliahan Apresiasi Sastra Anak Berbasis Sugesti-Imajinatif Untuk Mengoptimalkan Budaya Menulis Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(1) : 166-174.
Rahayu, S., Mengoptimalkan Aspek Literasi Dalam Pembelajaran Kimia Abad 21, Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY 2017.
Ratnawati, E., Rahayu, S., dan Fajaroh, F., (2016), Pengaruh Learning Cycle-5E Berkonteks SSI Terhadap Pemahaman Hakikat Sains Pada Materi Larutan Penyangga dan Hidrolisis Garam Siswa SMA, Jurnal Pendidikan Sains, 4(1) : 25-35.
Rusilowati, A., Kurniawati, L., Nugroho, S. E., dan Widiyatmoko, A., (2016), Developing an Instrument of Scientific Literacy Asessment on The Cycle Theme, International Journal of Environmental & Science Education, 11(12) : 5718-5727.
Silaban, R., Tarigan, R., Alexander, I.J. (2018); Analisis hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL bermedia Powerpoin melalui pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Redoks; Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 6 (3); 110-119.
Silaban, R., Septiani, B., dan Hutabarat, W., (2015), Penyusunan Bahan Ajar Kimia Inovatif Materi Laju Reaksi Terintegrasi Pendidikan Karakter Siswa SMA, Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 12(1) : 78-88.
Situmorang, M., (2013), Pengembangan Buku Ajar Kimia SMA Melalui Inovasi Pembelajaran dan Integrasi Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung 2013.
Susanti, M., Rusilowati, A., dan Susanto, H., (2015), Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Listrik Dalam Kehidupan Untuk Kelas IX, Unnes Physics Education Journal, 4(3) : 43-49.
Trianto, (2011), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana, Jakarta.
Wulandari, N. dan Sholihin, H., (2016), Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP Pada Materi Kalor, Edusains, 8 (1) : 66-73.
Yuliati, Y., (2017), Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA, Jurnal Cakrawala Pendas, 3 (2) : 21-28.
DOI: https://doi.org/10.24114/jipk.v1i2.15528
Article Metrics
Abstract view : 467 timesPDF - 496 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
CONTACT US
Chemistry Education Study Program
Chemistry Laboratory Bldg 19
Faculty of Mathematics and Natural Science
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar, Psr V Medan Estate, Medan Indonesia (20222)
Email: Jinovpkim@unimed.ac.id
Telp/WA: 082274239349; 081221555995; 081263935974