Pengembangan Handout Titrasi Asam-Basa Berbasis Android Terintegrasi Model Discovery Learning dan Soal-soal HOTS

Catur Kurniawan, Iis Siti Jahro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil analisis mengenai kelebihan dan kekurangan Handout titrasi asam-basa di internet, (2) Tingkat kelayakan Handout Titrasi Asam-Basa Berbasis Android Terintegrasi Model Discovery Learning dan Soal-soal HOTS, (3) Respon Siswa dan respon guru terhadap Handout Titrasi Asam-Basa Berbasis Android Terintegrasi Model Discovery Learning dan Soal-soal HOTS yang dikembangkan. Jenis penelitiannya adalah (R&D) dengan menerapkan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan. Tahapan tersebut adalah define, design, develop, dan disseminate. Handout Titrasi Asam-Basa Berbasis Android Terintegrasi Model Discovery Learning dan Soal-soal HOTS yang telah dikembangkan divalidasi oleh 5 orang ahli dan diperoleh skor 94,72; 96.14; 99.10; 95,00 dan 98,11% masing-masing dikategorikan sangat layak. Respon siswa dan guru terhadap Handout Titrasi Asam-Basa Berbasis Android Terintegrasi Model Discovery Learning dan Soal-soal HOTS dikategorikan sangat baik dengan persentase 91,27 dan 100%. Itu menunjukkan bahwa Handout Titrasi Asam-Basa Berbasis Android Terintegrasi Model Discovery Learning dan Soal-soal HOTS layak diterapkan untuk proses belajar mengajar.


Keywords


R&D, Titrasi asam-basa, Handout, Discovery Learning, Soal HOTS

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jipk.v3i2.28207

Article Metrics

Abstract view : 1389 times
PDF - 2140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CONTACT US

Chemistry Education Study Program
Chemistry Laboratory Bldg 19
Faculty of Mathematics and Natural Science 
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar, Psr V Medan Estate, Medan Indonesia (20222)
Email: Jinovpkim@unimed.ac.id
Telp/WA: 082274239349; 081221555995; 081263935974