Pemanfaatan Artikel Ilmiah Sebagai Sumber Belajar Mata Kuliah Kimia Dasar di Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Abstract
Learning by using scientific articles allows students to deepen the concepts they have learned. The purpose of this study was to determine the use of scientific articles in basic chemistry learning in universities and students' perceptions of the learning used, especially the stoichiometric concept which is the main concept in studying chemical calculations. This research was conducted with an experimental method using the One Group Pretest-Posttest Research Design. Research instruments in the form of tests and questionnaires. Learning outcomes data were analyzed using the Wilcoxon test and N-gain. Meanwhile, the students' perceptions and commitments to learning were analyzed using a Likert scale. Based on the results of the study, it can be shown that the use of scientific articles can improve student learning outcomes in learning basic chemistry. Students' perceptions and commitment to learning with scientific articles gave positive results. This can be seen from the average results of the perception and commitment questionnaire assessments of students, each of which is in the medium category. Thus, the use of scientific articles is very suitable to be applied in learning basic chemistry.
Belajar dari artikel ilmiah memungkinkan mahasiswa untuk memperdalam konsep yang telah dipelajarinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan artikel ilmiah dalam pembelajaran kimia dasar di perguruan tinggi dan persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran yang digunakan, khususnya konsep stoikiometri yang merupakan konsep utama dalam pembelajaran perhitungan kimia. Penelitian ini dilakukan secara eksperimental dengan menggunakan rancangan penelitian one-group pretest-posttest design. Instrumen penelitian berupa tes dan angket. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan N-Gain. Sedangkan persepsi dan keterlibatan mahasiswa dianalisis menggunakan skala Likert. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan artikel ilmiah meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada saat pembelajaran kimia dasar. Persepsi dan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran dengan artikel ilmiah memperoleh hasil yang positif. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai mahasiswa pada angket persepsi dan keterlibatan mahasiswa, keduanya berada pada kategori sedang. Oleh karena itu, penggunaan artikel ilmiah sangat cocok diterapkan pada kajian kimia dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, R. & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan: Teori dan Praktik Dalam Pendidikan. CV. Widya Puspita, Medan.
Arifin, I., Juharyanto, Sultoni, Saputra, B. R., Adha, M. A., Bhayangkara, A. N., Rizkita, K., & Wulandari, P. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Layak Jurnal Nasional Ber-ISBN Berbasis Sitasi Online Bagi Tenaga Pendidik Se-Kabupaten Bondowoso. Jurnal Karinov, 3(1), 16-21.
Cicuto, C., Pazinato, M., & Torres, B. (2019). Teaching Methabolism With Scientific Articles: A New Approach. Biochemistry and Molecular Biology, 47(1), 85-92. doi: 10.1002/bmb.21187.
Fitrianingsih, R., & Musdalifah. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Video Pada Pembelajaran Pembuatan Strapless Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Jambu. Fashion and Fashion Education Journal (FFEJ), 4(1), 1-6.
Janah, F.N.M., Sulasmono, B.S., & Setyaningtyas, E.W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 63-73.
Karim, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Mikrobiologi Menggunakan Jurnal Ilmiah Sebagai Sumber Belajar Di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 7(2), 56-67.
Manik, A. C., Suryaningsih, S., & Muslim, B. (2020). Analisis Berpikir Kritis Kimia Dalam Menyelesaikan Soal Two-Tier Berdasarkan Level Kemampuan Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan. Jambura Journal of Education Chemistry, 2(1), 28-39.
Marwoto, P., Sopyan, A., Linuwih, S., Subali, B., & Ellianawati. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Sains Guru Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat. Abdimas, 17(2), 111-116.
Nur, F. M. (2012). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sains Kelas V SD Pada Pokok Bahasan Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 67-78.
Pohan, R.F. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Statistika Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Semester III (Tiga) Tahun Akademik 2019-2020 Dalam Pokok Bahasan Statistik Deskriptif Melalui Metode ATI (Aptitude Treatment Interaction). Jurnal LPPM UGN, 10(3A), 53-63.
Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 5(2), 117-133.
Slameto. (2016). Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria, 6(2), 46-57.
Syahmani, & Sanjaya, R. E. (2021). Artikel Ilmiah Sebagai Sumber Pembelajaran Biokimia. Jurnal Kependidikan, 5(1), 98-110.
Wijarini, F. (2020). Pengembangan Buku Ajar Mikrobiologi Sebagai Sumber Belajar Mata Kuliah Mikrobiologi Umum Untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan. Biopedagogia, 2(2), 130-137.
DOI: https://doi.org/10.24114/jipk.v4i2.33972
Article Metrics
Abstract view : 303 timesPDF - 200 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
CONTACT US
Chemistry Education Study Program
Chemistry Laboratory Bldg 19
Faculty of Mathematics and Natural Science
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar, Psr V Medan Estate, Medan Indonesia (20222)
Email: Jinovpkim@unimed.ac.id
Telp/WA: 082274239349; 081221555995; 081263935974