Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Literasi Sains pada Materi Laju Reaksi

Feronica Agustina Ginting, Ricky Andi Syahputra, Jamalum Purba, Ani Sutiani, Ratu Evina Dibyantini

Abstract


Module is structured to provide teaching materials that are in accordance with curriculum set by considering needs of students in the learning process. This research is a type of Research and Development (R&D) research that aims to develop a discovery learning module on the reaction rate material. This research refers to the steps of Borg and Gall which are limited to five stages. First stage begins with data and information collection, discovery learning-based module development planning, initial product development, initial field trials, and revision of test results. Modules have been developed will be validated by media expert validators and material experts, each by three chemistry lecturers at the Unimed campus. Then the module was tested by looking the responses for 3 chemistry teachers and class XI students of SMA N 1 BangunPurba. The results showed that the discovery learning module on the reaction rate material was declared feasible after being validated by obtaining an average percentage of media experts 83.2%, average material experts 85.4%. And the module is declared interesting after obtaining a percentage with an average teacher response of 94.6% and student responses getting an average of 82%.

Modul disusun untuk menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan dengan mempertimbangkan kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis discovery learning yang mengintegrasikan literasi sains pada materi laju reaksi. Penelitian ini mengacu pada langkah - langkah Borg and Gall yang dibatasi pada lima tahap. Tahap pertama dimulai dengan pengumpulan data dan informasi, perencanaan pengembangan modul berbasis discovery learning, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, dan revisi hasil tes. Modul yang telah dikembangkan akan divalidasi oleh validator ahli media dan ahli materi, masing - masing oleh tiga orang dosen kimia Universitas Negeri Medan. Kemudian modul diuji dengan melihat respon menggunakan angket terhadap modul yang dikembangkan untuk 3 orang guru kimia dan siswa kelas XI SMA N 1 Bangun Purba yang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran discovery learning berbasis modul literasi sains terpadu pada materi laju reaksi dinyatakan layak setelah divalidasi dengan memperoleh persentase rata - rata ahli media 83,2 %, rata - rata ahli materi 85,4 %. Dan modul dinyatakan menarik setelah mendapatkan persentase dengan rata - rata respon guru 94,6 % dan respon siswa mendapatkan rata - rata 82 %.


Keywords


module; discovery learning; scientific literacy; validation results; responses

Full Text:

PDF

References


Andi, P. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Cetakan ke-4 (Yogyakarta. In Diva Press.

Anonymous. (2014). Pembelajaran Kimia Melalui Pendekatan Saintifik. Naskah Pembelajaran Kurikulum 2013 di SMA. Jakarta : Direktorat Pembinaan SMA-Ditjen Pendidikan Menengah

Ariana, D., Situmorang, R. P., & Krave, A. S. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. 11(1) :34

Azwar, M. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : Diva Press

Bonding, C., Fitriani, A., Danial, M., & Wijaya, M. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Animasi pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 1 Bungoro ( Studi pada Materi Pokok Ikatan Kimia ) Influence of Animation Media on Discovery Learning Models to Chemical Learning A. 114–122.

Esmiyati &Sri Hayani, E. P. (2013). Pengembangan Modul I. Unnes Science Education Journal . 2(1) : 180 – 187.

Hasrida., & Salempa, P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemampuaan Awal Terhadap Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Ke X SMA NEGERI 1 MANIANGPAJO (Studi Pada Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit). Chemistry Education Review (CER), (1), 44. https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5611

Lasmiyati & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMA. Jurnal Pendidikan Matematika. 9(2) : 161-174

Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7504

Meiliawati, R. (2019). Pemahaman Konsep Sifat Jari-Jari Atom Dan Keelektronegatifan Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Semester IV Tahun Ajaran 2016/2017 Hasil Pembelajaran Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 10(1), 38–45. https://doi.org/10.37304/jikt.v10i1.19

Mubarok, C., & Sulistyo, E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Tav Pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System Di Smk Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1), 215–221.

Muliyati, D., Bakri, F., & Ambarwulan, D. (2018). Aplikasi Android Modul Digital Fisika Berbasis Discovery Learning. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika , 3 (1) : 74 – 79.

Munthe, E. A., Silaban, S., & Muchtar, Z. (2020). Discovery Learning Based E-Module on Protein Material Development. https://doi.org/10.2991/aisteel-19.2019.137

OECD .(2007). PISA 2006 Science Competencies for Tomorrow's World – Volume I : Analysis. Paris : OECD

Parera, L. A. M., Christianto, H., & Lazar, A. P. P. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran dengan Bantuan Software Wondershare Filmora pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 4(1), 74. https://doi.org/10.24114/jipk.v4i1.33649

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : Diva Press

Rilanty, N., & Juwitaningsih, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 2(1), 36. https://doi.org/10.24114/jipk.v2i1.17844

Rafidatul, A, Rayendra, W. B, & Supriadi, B. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Learning Cycle 5E Pokok Bahasan GetaraHarmonis Untuk Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika.7(2), 181– 188.

Samsu, N., Mustika, D., Nafaida, R., & Manurung, N. (2020). Analisis Kelayakan dan Kepraktisan Modul Praktikum Berbasis Literasi Sains untuk Pembelajaran IPA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA. 4(1), 29–40. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i 1.15546.

Subawa, K., Kilo, A. La, & Laliyo, L. A. R. (2018). Penerapan Model Learning Cycle pada Materi Laju Reaksi untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Entropi. 13 : 51–58.

Sunardi & Sujadi, I (2017). Media Pembelajaran. Bandung : CV. Wacana Prima.

Suryati. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran LC Dipadu Diagram Alir Terhadap Kualitas Proses Dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia .1(2007), 14–20

Silaban, R., & Panggabean, M. V. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 4(1), 1. https://doi.org/10.24114/jipk.v4i1.24085

Wibowo, N. (2016). Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO). 1 (2) : 128 – 139.https://doi.org/https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621.

Widyastuti, I. N., Wiryokusumo, I., & Sugito. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Dengan Model Dick and Carey Dan Menggunakan Concept Mapping Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sampang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019.Jurnal Education And Development. 7 (2) :175 – 180

Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944

Yunsyahana, F., Auliah, A., & Djangi, M. J. (2022). Keefektifan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MAN Bantaeng. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 4(1), 92. https://doi.org/10.24114/jipk.v4i1.33436




DOI: https://doi.org/10.24114/jipk.v4i2.35671

Article Metrics

Abstract view : 554 times
PDF - 365 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CONTACT US

Chemistry Education Study Program
Chemistry Laboratory Bldg 19
Faculty of Mathematics and Natural Science 
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar, Psr V Medan Estate, Medan Indonesia (20222)
Email: Jinovpkim@unimed.ac.id
Telp/WA: 082274239349; 081221555995; 081263935974