Pengaruh Model PBL Terhadap Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Kimia SMA/MA pada Materi Koloid
Abstract
This study aims to determine whether there is a significant difference in student learning activities that are taught using the Problem Based Learning (PBL) model compared to the conventional model on colloidal material. The samples of this study were two students of class XI IPA MAN 2 Medan Silent Model, 1 (one) experimental class using the PBL model, 1 (one) control class using the conventional learning model. The research instrument used was an observation sheet on student learning activities and a total test instrument with 20 questions. The results showed that student learning activities in the experimental class were 89.33 and in the control class was 85.86, while student learning outcomes in the experimental class were 91.33 and in the control class was 86.88. In testing the data through the SPSS 22.0 for Windows program, if Sig. (2-tailed) < 0.05, then Ha is accepted. Meanwhile, if Sig. (2-tailed) > 0.05, then Ha is rejected. From the test results obtained results for hypothesis 1, where the value of Sig. obtained is smaller than 0.05, namely 0.01, so it can be concluded that the first hypothesis is accepted. From the test results for the results of hypothesis 2, where the value of Sig. obtained is smaller than 0.05, namely 0.02, so it can be concluded that the second hypothesis is accepted. For the hypothesis 3, where rcount = 0.64 while rtable at = 0.05 (N=36) is 0.36. Because rcount > rtable, then Ho is rejected, which means Ha is accepted.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) dibandingkan dengan model konvensional pada materi koloid. Sampel penelitian ini adalah dua siswa kelas XI IPA MAN 2 Model Medan diam1 (satu) kelas eksperimen menggunakan model PBL, 1 (satu) kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan instrumen tes jumlah dengan 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 89,33 dan pada kelas kontrol sebesar 85,86, sedangkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 91,33 dan pada kelas kontrol sebesar 86,88. Dalam pengujian data melalui program SPSS 22.0 for Windows, jika Sig. (2-tailed) < 0,05, maka Ha diterima. Sedangkan jika Sig. (2-tailed) > 0,05, maka Ha ditolak. Dari hasil pengujian didapatkan hasil untuk hipotesis 1, dimana nilai Sig. diperoleh lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,01, sehingga dapat disimpulkan hipotesis pertama diterima. Dari hasil pengujian untuk hasil hipotesis 2, dimana nilai Sig. diperoleh lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,02, sehingga dapat disimpulkan hipotesis kedua diterima. Untuk hipotesis 3, dimana rhitung = 0,64 sedangkan rtabel pada = 0,05 (N=36) adalah 0,36. Karena rhitung > rtabel, maka Ho ditolak yang berarti Ha diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina,Rohana.P,Ashadi dan Bakti Mulyani.,(2017).Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid Kelas XI ,MIA SMA Negeri I Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016.Jurnal Pendidikan Kimia (JPK),6(2) : 144-153.
Alwasilah,A.C.,(2000).PokoknyaKualitatif,Rancangan Melakukan Penelitian Kualitatif.Jakarta : Pustaka Jaya.
A.M,Sardiman.(2006).Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Arikunto,S.,(2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara: Jakarta.
Ariyo,(2013),Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Siswa Dihitung Bukan Ditebak,Http://edukasi.kompasiana.com/2013/05/21/kriteria-ketuntasan-minimal-kkm-siswa-itu- dihitung bukannya-ditebak-561983.html (diakses 18 juni 2022).
Awawangi,Yeni Gerice,I Dewe Ketut Anom,dan Meyti Jeanne Rampe.,(2021),Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Sistem Koloid Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Lirung.Journal Of Chemistry Education,3(1):5-10.
Baeti,Shinta Nur,Achmad Binadja,dan EndangSusilaningsih.(2014),Pembelajaran Berbasis Praktikum Bervisi SETS Untuk Meningkatkan Keterampilan Laboratorium dan Penguasaan Kompetensi.Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia,8(1) : 1260-1270.
Hamalik,O.(2009). Proses Belajar Mengajar.Jakarta : PT Bumi Aksara.
Kusnandar.(2008).Langkah-mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta :Rajawali Pers.
Listari ,Erma.,(2013).Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berorientasi Chemoenterpreneurship Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa.Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia”Hydrogen”,1(2) :100-106.
Mantek, M ., Lisye I. Z dan Puguh S.,(2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Keanekaragaman Hayati, Jurnal Education and developmentInstitut,7(3) : 126-137.
Martinis Yamin.(2007). Kiat Membelajarkan Siswa.Jakarta : Gaung Persada Press dan Center For Learning Inovation(CLI).
Ramlawati., Sitti R.Y.,dan Aunillah I.,(2017), Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik, Jurnal Sainsmat, 6(1) : 1-14.
Robiyanto,Agus.(2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa.Jurnal pendidikan guru sekolah dasar. 2(1):114-121.
Sagala,Syaiful, (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran : Rineka Cipta
Sudjana ., (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Wena,M.,(2009).Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer,Bumi Aksara.
Wulandari, N.I., Astuti W., dan Widodo B.,(2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Kemampuan Berkomunikasi Siswa, J. Pijar MIPA, 13(1): 51-55.
DOI: https://doi.org/10.24114/jipk.v4i2.36101
Article Metrics
Abstract view : 633 timesPDF - 402 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
CONTACT US
Chemistry Education Study Program
Chemistry Laboratory Bldg 19
Faculty of Mathematics and Natural Science
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar, Psr V Medan Estate, Medan Indonesia (20222)
Email: Jinovpkim@unimed.ac.id
Telp/WA: 082274239349; 081221555995; 081263935974