Kombinasi GeoMol dan JMol dengan Pendekatan MIKiR Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bentuk Molekul
Abstract
This study aims to determine the differences in student learning outcomes on the material of molecular shapes with the MIKiR approach between learning the combination of GeoMol and JMol with learning the combination of GeoMol and simple molecular shapes made of plasticine. The research sample was students of class X MIPA 1 and X MIPA 3 MAN Sampang in the academic year 2021/2022. The reliability of the test instrument is 0.88. Hypothesis testing using t-test independent sample test. The results showed that there was a significant difference between learning the combination of GeoMol and JMol and learning the combination of GeoMol and simple molecular shapes made of plasticine in students' learning outcomes on the molecular shape material with the MIKiR approach. Learning the combination of GeoMol and JMol is more effective than learning the combination of GeoMol and simple molecular shapes made from plasticine based on the average value of learning outcomes and classical learning completeness.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada materi bentuk molekuldengan pendekatan MIKiR antara pembelajaran kombinasi GeoMol dan JMol dengan pembelajaran kombinasi GeoMol dan bentuk molekul sederhana berbahan plastisin. Berbagai program dan aplikasi komputer untuk visualisasi bentuk molekul 3-dimensi telah banyak dikembangkan, diantaranya adalah aplikasi GeoMol dan JMol yang merupakan aplikasi sumber terbuka (open source) yang dapat diunduh secara bebas. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 3 MAN Sampang tahun pelajaran 2021/2022. Reliabilitas instrumen tes adalah 0,88. Pengujian hipotesis menggunakan uji t independent sample test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran kombinasi GeoMol dan JMol dan pembelajaran kombinasi GeoMol dan bentuk molekul sederhana berbahan plastisin terhadap hasil belajar siswa pada materi bentuk molekul dengan pendekatan MIKiR. Pembelajaran kombinasi GeoMol dan JMol lebih efektif daripada pembelajaran kombinasi GeoMol dan bentuk molekul sederhana berbahan plastisin berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar klasikal
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiansyah, Muhammad. 2013. Keefektifan Gambar Statis, Gambar Dinamis Ball-and-Stick dan Model Molekul Sederhana dibuat dari Jarum pentul Pada Pembelajaran Bentuk dan Kepolaran Molekul. Jurnal Pendidikan Sains. v.1 n.3 p.307-314
Aziza, Nurul Aulia., Irwandi, Dedi., & Bahriah, Evi Sapinatul. 2021. Simulasi PHET: Efektivitasnya Terhadap Pemahaman Konsep Bentuk Molekul. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia. V.8.n.2.p.49-56. https://doi.org/10.33394/hjkk.v9i2.4365
Cool, Richard K. & Lajium, Denis. 2011. Modeling and the Future of Science Learning. Models and Modeling in Science Education. Netherlands: Springer Science+Business Media B.V.
Dewita, Novira., Sintiani, Putri., & Nugraha, Asep Wahyu. 2020. Pengaruh Media Pembelajaaran Berbasis Visual 3D dan Animasi Molekul Terhadap Hasil Belajar Bahasan Bentuk Molekul. Prosiding Semnaskim Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Medan. ISBN 978-602-9115-73-4
Effendy. 2008. Teori VSEPR, Kepolaran dan gaya Antar Molekul. Edisi 2: Malang: Bayumedia Publishing
Gilbert, J. & Boullter, C. 2000. Developing Models in Science Education. (pp.3-17). Dordrecht, The Netherlands: Kluwer Academic Publishers.
Hasibuan, Adelia Yesya Putrid & Jahro, Iis Siti. 2020. Pengembangan KIT Pembelajaran Dari Limbah Sekam Padi Pada materi Bentuk Molekul Kelas X SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia. v.2 n.1 p. 6-10. https://doi.org/10.24114/jipk.v2i1.16633
Indiatiningsih. 2017. Penggunaan Media Plastisin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Materi Bentuk Molekul Kelas X Lintas Minat Di SMAN 8 Malang. Jurnal Zarah. v.5 n.1 p.5-13. https://doi.org/10.31629/zarah.v5i1.142
Indiatiningsih. 2020. Penggunaan Media Plastisin Sebagai Alternatif Pengganti Molymod Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Psikomotorik Siswa Pada Pokok Bahasan Struktur Senyawa Alkana, Alkena Dan Alkuna. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan. v.3 n.1 p.23-32. https://doi.org/10.33366/ilg.v3i1.1789
Khairiah. 2019. Penggunaan Terung Rimbang Pada Materi Ikatan Kimia dan Bentuk Molekul untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik. Lantanida Journal . v.7 n.2 p 101-113. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v7i2.5572
Levkovich, Ohad. 2019. Using Computer-Based Jmol Tasks for Molecular Modeling of Proteins by High-School Students: Development of Conceptual Framework, Examination of Learning Processes and Perceptions. Weizmann Institute of Science. Rehovot, Israel. Dissertations Publishing.
Munika, Aderya., Kurniati, Tuti. 2020. Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Balon Dan Molymod Pada Materi Bentuk Molekul Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Sungai Ambawang. Ar-Razi Jurnal Ilmiah. v.9. n. 1. P.39-44. http://dx.doi.org/10.29406/ar-r.v9i1.2532
Nisa, Ainun., Dwiningsih, Kusumawati. (2022) Analisis Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Visualisasi Geometri Molekul Berbasis Mobile Virtual Reality (MVR). PENDIPA Journal of Science Education. v.6 n.1 p.135-142. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.135-142
Noviana., Rusdi T, M., & Ahmad, Ali. 2021. Pembelajaran Aktif Konsep Mikir Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Al-Ahya: Jurnal Pendidikan Biologi. v.3 n.3 p. 99-109. https://doi.org/10.24252/al-ahya.v3i3.27811
Oktarina, Ani., Naimah.,Heldanita. 2021. Keaktifan Belajar Mahasiswa Melalui Konsep Mikir Pada Mata Kuliah Desain Pembelajaran PAUD Di Era Pandemi Covid-19. KINDERGARTEN. Journal Of Islamic Early Childhood Education. V.4.n.2.p.131-144. http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12890
Ornek, Funda. 2008. Models in Science Education: Applications of Models in Learning and Teaching Science. International Journal of Environmental & Science Education. v.3 n.2 p. 35–45. ISSN 1306-3065.
Pujianti, Ninik.,Saptaningrum, Ernawati., & Saefan, Joko. 2014. Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran MIKiR dan Creative Problem Solving (CPS) Pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi Berbantuan LKS Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. v.5. n. 1. https://doi.org/10.26877/jp2f.v5i1.2568
Rizkiana, Fitria., Apriani, herlina. 2020. Simulasi Phet: Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsepbentuk Dan Kepolaran Molekul. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. v.11 n.1 p.49-56. http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v11i1.6412
Russel, J. W. ,Kozma, R.B., Jones, T. Wyskoff, Marx & Da- vis, J. 1997. Use of Simultaneous Syncronized Macroscopic, Microscopic, and Symbolic Representations To Enhance the Teaching and Learning of Chemical Concepts. Journal of Chemical Education. v. 74 n.3 p. 330-334.
Sabekti, Ardi Widhia., Widarti, Hayuni Retno., & Mahmudi. 2014. Analisis Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Malang Pada Topik Bentuk Molekul. Jurnal Zarah. https://doi.org/10.31629/zarah.v2i1.24
Suyanto. 2018. Penggunaan Media Bola-Bola untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bentuk Molekul Bagi Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Rowosari Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. Majalah Inspiratif. v.3 n.6 https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/INSPI/article/view/1053/0
Tim Program Pintar Tanoto Foundation (2019). Modul I¬-Adaptasi Praktik Baik Dalam Pembelajaran di SMP dan MTs untuk LPTK. Jakarta Tanoto Foundation
Puspendik. https://hasilun.pusmenjar.kemdikbud.go.id/
Winata, I Nyoman Adi, Sulistyo, Yudi Aris, Suwardiyanto. 2020. Pelatihan Keterampilan Menggambar Molekul dan Alat Kimia Menggunakan Chemsketch Bagi Guru-guru Anggota MGMP Kimia Kabupaten Jember. Warta Pengabdian. v.14 n.2 p. 71-77. https://doi.org/10.19184/wrtp.v14i2.9888
DOI: https://doi.org/10.24114/jipk.v4i2.38207
Article Metrics
Abstract view : 409 timesPDF - 835 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
CONTACT US
Chemistry Education Study Program
Chemistry Laboratory Bldg 19
Faculty of Mathematics and Natural Science
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar, Psr V Medan Estate, Medan Indonesia (20222)
Email: Jinovpkim@unimed.ac.id
Telp/WA: 082274239349; 081221555995; 081263935974