Hubungan Motivasi, Kepercayaan Diri dan Kemampuan Awal dengan Kemampuan HOTS Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia
Abstract
HOTS is a lesson designed to prepare the 21st century generation. Each student's HOTS ability is certainly different, and this is certainly influenced by many factors. This study aims to determine the relationship between learning motivation, self-confidence and initial ability with students' HOTS abilities. The sample of this study was 32 students of class XI MIPA 2 taken by random sampling technique. Data analysis used multiple linear simple regression test. The results showed that (1) there was a positive and significant relationship between learning motivation and students' HOTS abilities, (2) there was a positive and significant relationship between self-confidence and students' HOTS abilities; (3) there is a positive and significant relationship between initial ability and students' HOTS ability; and (4) there is a significant relationship between learning motivation, self-confidence and initial ability with students' HOTS abilities with a determination coefficient of 67.8%.
HOTS merupakan pembelajaran yang dirancang untuk menyiapkan generasi abad 21. Kemampuan HOTS setiap siswa tentu berbeda-beda, dan hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor. Studi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar, kepercayaan diri dan kemampuan awal dengan kemampuan HOTS siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 sebanyak 32 orang yang diambil dengan teknik random sampling. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kemampuan HOTS siswa, (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan kemampuan HOTS siswa; (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan awal dengan kemampuan HOTS siswa; dan (4) ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar, kepercayaan diri dan kemampuan awal dengan kemampuan HOTS siswa dengan koefisien determinasi sebesar 67,8%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, F., Gani, T., & Tanre, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran daan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Materi Kimia Kelas XI IPA SMAN 4 Makassar. Jurnal Pendidikan Kimia PPs UNM, 1(1), 85.
Anggraini, A., & Andriani, L. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Eksploratif terhadap Kemampuan Representatif Matematis Berdasarkan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 219–226.
Asiyah, Walid, A., & Kusumah, R. G. T. (2015). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 217–226.
Astiti, I. A. G., Candiasa, M., & Yudana, M. (2014). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Se–Kecamatan Bangli). E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan, 5(1), 1–10.
Bernadetta, P. P., Mukhtar, & Sinaga, B. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMPN 2 Percut Sei Tuan. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 26–33.
Destiniar, Jumroh, & Sari, D. M. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa dan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) di SMP Negeri 20 Palembang. JPPM, 12(1), 115–128.
Fahrudin. (2017). Effect of Realistic Mathematics Education (RME) Approach and Initial Ability of Students to the Problem Solving Ability of Class 4th Student. American Journal of Educational Research, 5(3).
Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Edudena: Journal of Islamic Religious Education, 2(1), 57–76.
Firmansyah, M. A. (2017). Peran Kemampuan Awal Matematika dan Belief Matematika Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Giyanti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Devision (STAD) dan Rasa Percaya Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 01(01), 37–52.
Herawati, R. ., Mulyani, S., & Redjeki, T. (2013). Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representatif Ditinjau dari Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi Siswa SMA Negeri 1 Karangayar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(2), 38.
Kristiyono, A. (2018). Urgensi dan Penerapan Higher Order Thingking Skills. Jurnal Pendidikan Penabur, 17(31), 36–46.
Manik, I. K., Lasmawan, I. W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2015). Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap Motivasi dan Perestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Tulamben. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 5, 1–13.
Marsitta, U. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Reaksi Redoks di Kelas X SMA Negeri 8 Kota Jambi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jambi.
Mislikhah, S. (2020). Implementasi Higher Order Thinking Skils dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah. In H. S. . Saputra, N. Anoegrajekti, T. Maslikatin, Z. Umniyyah, & L. D. P. S. Wardani (Eds.), Humaniora dan Era Disrupsi, E-Prosiding Seminar Nasional Pekan Chairil Anwar (Vol. 1, Issue 1, pp. 582–593). Jember University Press.
Muawwanah, Ma’rufi, & Nurdin. (2020). Korelasi antara Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 1–15.
Mulyaningsih, I., & Itaristanti. (2018). Pembelajaran Bermuatan HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Indonesian Language Education and Literature, 4(1), 114–128. https://doi.org/10.24235/ileal.v4i1.2970
Muskania, R. T., & Wilujeng, I. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project-Based Learning Untuk Membekali Foundational Knowledge dan Meningkatkan Scientific Literacy. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 34–43.
Panggabean, F. T. M., Pardede, P. O., Sitorus, R. M. D., Situmorang, Y. K., Naibaho, E. S., & Simanjuntak, J. S. (2021). Application of 21st Century Learning Skills Oriented Digital-Age Literacy to Improve Student Literacy HOTS in Science Learning in Class IX SMP. Jurnal Mantik, 5(36), 1922–1930.
Panggabean, F. T. M., Purba, J., Sutiani, A., & Panggabean, M. A. (2022). Analisis Hubungan Antara Kemampuan Matematika dan Analisis Kimia Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal of Innovation in Chemistry Education), 4(1), 18–30.
Purba, J., Panggabean, F. T. M., & Widarma, A. (2022). Development of Online General Chemistry Teaching Materials Integrated with HOTS-Based Media Using the ADDIE Model. International Journal of Computer Applications Technology and Research, 11(05), 155–159. https://doi.org/10.7753/IJCATR1105.1001
Purwaningrum, D., & Sumardi. (2016). Efek Strategi Pembelajaran Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas XI IPS. Jurnal Managemen Pendidikan, 11(2), 155–167.
Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran, 2(1), 19.
Ritonga, R., & Saragih, A. H. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 241–254.
Sari, E. N., & Ristontowi. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Model Problem Based Learning (PBL) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(03), 54–62.
Sari, Y. A., Muhassin, M., Suri, I. R. A., & Putra, R. W. Y. (2020). Penerapan Cooperative Learning Tipe TAPPS Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi terhadap Penalaran Matematis Ditinjau dari Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas VIII SMP. Journal Mathematics Education and Science (James), 3(2), 61–67.
Siregar, L. S., & Panggabean, F. T. M. (2019). Analisis PBL dengan DL Menggunakan Macromedia Flash Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 10 Medan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal of Innovation in Chemistry Education), 2(1), 143–147.
Tesi, L., Lambertus, & Mukhsar. (2018). Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 102–113.
Yuliana, I. ., Dasna, I. ., & Marfuah, S. (2015). Pengaruh Inkuiri Terbimbing dengan Intertekstual Terhadap Hasil Belajar Materi Kesetimbangan Kimia dan Literasi Kimia Ditinjau darI Kemampuan Awal. Seminar Nasional Pendidikan Sains UKSW.
DOI: https://doi.org/10.24114/jipk.v4i2.39316
Article Metrics
Abstract view : 378 timesPDF - 338 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
CONTACT US
Chemistry Education Study Program
Chemistry Laboratory Bldg 19
Faculty of Mathematics and Natural Science
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar, Psr V Medan Estate, Medan Indonesia (20222)
Email: Jinovpkim@unimed.ac.id
Telp/WA: 082274239349; 081221555995; 081263935974