Hubungan Motivasi Belajar dan Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Literasi Kimia serta Dampaknya Terhadap HOTS Mahasiswa
Abstract
Science education has an important role in preparing quality human resources in the face of globalization. The potential of science education can be seen from the ability to communicate, critical thinking, problem solving, mastery of technology and the ability to adapt to changes and times. The process and learning of science can produce quality human beings by demonstrating scientific awareness (scientific literacy) and higher order thinking skills. This study aims to determine the relationship between learning motivation and self-confidence with chemical literacy skills and their impact on HOTS abilities. The sample of this research is 30 students of chemistry education study program. The instrument used is a learning motivation and self-confidence questionnaire as well as a chemical literacy ability test and the HOTS test that have met the valid and relatable criteria. Data analysis using path analysis test. The results showed that learning motivation and self-confidence had a significant positive relationship and influence on HOTS abilities, either directly or indirectly through chemical literacy skills. Chemical literacy ability has a significant positive relationship and effect on HOTS ability. Chemical literacy ability is a positive intervening factor between learning motivation and self-confidence on HOTS abilities.
Pendidikan sains memiliki peran penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam menghadapi era globalisasi. Potensi pendidikan sains dapat dilihat dari kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, pemecahan masalah, penguasaan teknologi dan kemampuan beradaptasi dengan perubahan dan zaman. Proses dan pembelajaran sains dapat menghasilkan manusia yang berkualitas dengan menunjukkan kesadaran sains (literasi sains) dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Studi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan kepercayaan diri dengan kemampuan literasi kimia serta dampaknya terhadap kemampuan HOTS. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan kimia sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan kepercayaan diir serta tes kemampuan literasi kimia dan tes HOTS yang telah memenuhi kriteria valid dan relabel. Analisis data menggunakan uji analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan kepercayaan diri memiliki hubunagn dan pengaruh positif signifikan terhadap kemampuan HOTS baik secara langsung maupun tidak langsung melalui kemampuan literasi kimia. Kemampuan literasi kimia memiliki hubungan dan berpengaruh positif signifikan terhadap kemampuan HOTS. Kemampuan literasi kimia merupakan faktor intervening positif antara motivasi belajar maupun kepercayaan diri terhadap kemampuan HOTS.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L. W., & Krathwol, D. R. (2015). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Pustaka Belajar.
Anggraini, A., & Andriani, L. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Eksploratif terhadap Kemampuan Representatif Matematis Berdasarkan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 219–226.
Ardiansyah, A. A. I., Irwandi, D., & Murniati, D. (2016). Analisis Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA pada Materi Hukum Dasar Kimia di Jakarta Selatan. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 1(2), 149–161.
Asiyah, Walid, A., & Kusumah, R. G. T. (2015). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 217–226.
Astiti, I. A. G., Candiasa, M., & Yudana, M. (2014). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Se– Kecamatan Bangli). E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan, 5(1), 1–10.
Bernadetta, P. P., Mukhtar, & Sinaga, B. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMPN 2 Percut Sei Tuan. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 26–33.
Chasanah, A. N., Wicaksono, A. B., Nurtsaniyah, S., & Utami, R. N. (2020). Analisis Kemampuan Literasi
Matematika Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Inferensial Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(02), 45–56.
Destiniar, Jumroh, & Sari, D. M. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa dan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) di SMP Negeri 20 Palembang. JPPM, 12(1), 115–128.
Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176.
Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Edudena: Journal of Islamic Religious Education, 2(1), 57–
Fives, H., Huebner, W., Birnbaum, A. S., & Nicolich, M. (2014). Developing a Measure of Scientific Literacy for Middle School Students. Science Education, 98(4), 549–580.
https://doi.org/10.1002/sce.21115
Giyanti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Devision (STAD) dan Rasa Percaya Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 01(01), 37–52.
Ihsan, M. S., & Jannah, S. W. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran Kimia Menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Blended Learning. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 6(1), 197–206.
Indrawati, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika di Era Revolusi Industri 4.0. Sinasis, Prosiding Seminar Nasional Sains, 1(1), 382–386.
Kristiyono, A. (2018). Urgensi dan Penerapan Higher Order Thingking
Skills. Jurnal Pendidikan Penabur, 17(31), 36–46.
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142–155.
Manik, I. K., Lasmawan, I. W., & Marhaeni,
Motivasi dan Perestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Tulamben. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 5, 1–
Marsitta, U. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Reaksi Redoks di Kelas X SMA Negeri 8 Kota Jambi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jambi.
Mislikhah, S. (2020). Implementasi Higher Order Thinking Skils dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah. In H. S. . Saputra,
N. Anoegrajekti, T. Maslikatin, Z. Umniyyah, & L. D. P. S. Wardani (Eds.), Humaniora dan Era Disrupsi, E- Prosiding Seminar Nasional Pekan Chairil Anwar (Vol. 1, Issue 1, pp. 582– 593). Jember University Press.
Muawwanah, Ma’rufi, & Nurdin. (2020). Korelasi antara Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 1–
Mulyaningsih, I., & Itaristanti. (2018). Pembelajaran Bermuatan HOTS
Indonesian Language Education and Literature, 4(1), 114–128.
https://doi.org/10.24235/ileal.v4i1.2970 Muskania, R. T., & Wilujeng, I. (2017).
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project-Based Learning Untuk Membekali Foundational Knowledge dan Meningkatkan Scientific Literacy. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 34–43.
Panggabean, F. T. M., Pardede, P. O., Sitorus, R. M. D., Situmorang, Y. K., Naibaho, E. S., & Simanjuntak, J. S. (2021). Application of 21st Century Learning Skills Oriented Digital-Age Literacy to Improve Student Literacy HOTS in Science Learning in Class IX SMP. Jurnal Mantik, 5(36), 1922–1930.
Panggabean, F. T. M., Silitonga, P. M., & Sinaga, M. (2022). Development of CBT Integrated E-Module to Improve Student Literacy HOTS. International Journal of Computer Applications Technology and Research, 11(05), 160–
https://doi.org/10.7753/IJCATR1105.10 02
Purba, J., Panggabean, F. T. M., & Widarma,
A. (2022). Development of Online General Chemistry Teaching Materials Integrated with HOTS-Based Media Using the ADDIE Model. International Journal of Computer Applications Technology and Research, 11(05), 155– 159. https://doi.org/10.7753/IJCATR1105.10 01
Purwaningrum, D., & Sumardi. (2016). Efek Strategi Pembelajaran Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas XI IPS. Jurnal Managemen Pendidikan, 11(2), 155–167.
Rahmawati, N. I. (2018). Pemanfaatan ICT dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 381–
Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran, 2(1), 19.
Ritonga, R., & Saragih, A. H. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 241–254.
Riyadi, T., Sunyono, & Efkar, T. (2018). Hubungan Kemampuan Metakognisi dan Self Efficacy dengan Literasi Kimia Siswa Menggunakan Model SiMaYang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 7(2), 251–263.
Sambite, F. C. V, Mujasam, M., Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2019). Penerapan Project Based Learning berbasis Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan HOTS Peserta Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 141–147. https://doi.org/10.2057/bipf.v7i2.6310
Sari, E. N., & Ristontowi. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Model Problem Based Learning (PBL) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(03), 54–62.
Sari, Y. A., Muhassin, M., Suri, I. R. A., & Putra, R. W. Y. (2020). Penerapan Cooperative Learning Tipe TAPPS Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi terhadap Penalaran Matematis Ditinjau dari Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas VIII SMP. Journal Mathematics Education and Science (James), 3(2), 61–67.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 107–117.
Siregar, L. S., & Panggabean, F. T. M. (2019). Analisis PBL dengan DL Menggunakan Macromedia Flash Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 10 Medan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal of Innovation in Chemistry Education), 2(1), 143–147.
Sutiani, A., Zainuddin, Darmana, A., & Panggabean, F. T. M. (2020). The Development of Teaching Material Based on Science Literacy In Thermochemical Topic. Journal of Physics: Conference Series 1462, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1462/1/012051
Tesi, L., Lambertus, & Mukhsar. (2018). Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 102–113.
Wahyuni, A., & Yusmaita, E. (2020). Perancangan Instrumen Tes Literasi Kimia Pada Materi Asam dan Basa. Edukimia, 2(3), 106–111.
DOI: https://doi.org/10.24114/jipk.v4i2.39459
Article Metrics
Abstract view : 640 timesPDF - 465 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
CONTACT US
Chemistry Education Study Program
Chemistry Laboratory Bldg 19
Faculty of Mathematics and Natural Science
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar, Psr V Medan Estate, Medan Indonesia (20222)
Email: Jinovpkim@unimed.ac.id
Telp/WA: 082274239349; 081221555995; 081263935974