PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN HURUF TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD

Penulis

  • Al Vina
  • Robenhart Tamba Universitas Negeri Medan

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan huruf terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I di SDN 101779 Percut. Populasi penelitian terdiri dari kelas I A dan I B yang terdiri dari 48 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 48 orang siswa yang diambil dengan jenis pengambilan sampling purposive. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes keterampilan membaca permulaan, setelahnya data dianalisis dengan menggunakan uji idependent sample test. Hasil penelitian menunjukan bahwa media papan huruf berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan membaca permulaan siswa dengan hasil uji t sig. 0,000 < 0,05 atau hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak.

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Vina, A., & Tamba, R. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN HURUF TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 1(4). Diambil dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jisd/article/view/60670

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama