PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SMP NEGERI 12 BINJAI

Benni Aziz

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode
pembelajaran peta pikiran terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok getaran dan gelombang di kelas VIII semester II SMP Negeri 12 Binjai T.A 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah eksperimen two group pretest postest design. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 39,89 dan kelas kontrol 36,66. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata nilai postes pada kelas dengan pembelajaran metode peta pikiran sebesar 80,33 sedangkan siswa dengan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 64,66. Hasil pengamatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada kelas dengan metode peta pikiran diperoleh rata-rata 77,5 dengan kategori nilai cukup aktif. Hasil uji-t diperoleh thitung = 6,74 dan ttabel = 1,66 pada taraf nyata a = 0,05 dan dk = 70 dimana thitung > ttabel, ini berarti ada pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran peta pikiran terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok getaran dan gelombang di kelas VIII semester II SMP Negeri 12 Binjai T.A 2009/2010.

Keywords


metode pembelajaran, peta pikiran, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Buzan, T. 2004. Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Deporter, B., dkk. 2000. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Djamarah, S.B. dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Windura, S. 2009. Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v1i1.3382

Article Metrics

Abstract view : 648 times
PDF - 338 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2012 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.