PENGARUH MEDIA PHET SIMULATION TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdjul, T., & Ntobuo, E. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Virtual Laboratory Berbasis Phet terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 7(3), 26–31. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/14383/10912
Aji, S. D., Hudha, M. N., & Rismawati, A. Y. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. SEJ (Science Education Journal), 1(1), 36–51. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.830
Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. CV BUDI UTAMA.
Darwis, R., & Hardiansyah, M. R. (2021). Pengaruh Penerapan Laboratorium Virtual Phet Terhadap Motivasi Belajar Ipa Siswa Pada Materi Gerak Lurus. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 271–277. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5514
Handhika, J., Fatmaryanti, S. D., Winarti, W., Budiarti, I. S., Khasanah, N., & Viyanti, V. (2020). Pembelajaran Sains di Era Akselerasi Digital. CV AE MEDIA GRAFIKA.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, M. (2021). Media Pembelajaran. CV TAHTA MEDIA GROUP.
Iskandar, I., Nehru, N., & Riantoni, C. (2021). Metode Penelitian Campuran. PT. Nasya Expanding Management.
Ismaun, I. (2019). Pengaruh Media PhET Simulations Terhadap Pemahaman Konsep Model Molekul Siswa SMA Negeri 1 Mawasangka. Jurnal Al-Ta’dib, 12(1), 99–115. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v12i1.1211
Khairunnisak, K. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Ssiswa Melalui Simulasi Physic Education Technology (PhET). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2), 7–12. https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i2.109
Maryani, I., & Jumadi, J. (2019). Pengantar Konsep dan Aplikasi Fisika. K-Media.
Ramadhani, R., Masrul, M., Nofriansyah, D., Hamid, M. A., Sudarsana, I. K., Sahri, S., Simarmarta, J., Safitri, M., & Suhelayanti, S. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Rasyidah, K., Supeno, S., & Maryani, M. (2018). Pengaruh Guided Inquiry Berbantuan PhET Simulations Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 7(2), 129–134.
Rikatsih, N., Andary, R. W., Shaleh, M., Hadiningrum, L. P., Irwandy, I., Prisusanti, R. D., Nggaba, M. E., Hasi, P., Sihombing, B., Setiawan, J., & Saloom, G. (2021). Metodologi Penelitian di Berbagai Bidang. CV MEDIA SAINS INDONESIA.
Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). PhET: Simulasi Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10–14. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.103
Sakdiah, H. (2021). Modul Praktikum Virtual Fisika Dasar. CV MEDIA SAINS INDONESIA.
Saputra, R., Susilawati, S., & Verawati, N. N. S. P. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Phet (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 110–115. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1459
Sari, M. P., Indrawati, I., & Budiarso, A. S. (2021). Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis PhET Terhadap Motivasi dan HOTS Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 65–71. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edufisika.v6i2.12546
Serevina, V., Yumna, A., Islamiah, N., Studi, P., Fisika, P., Jakarta, U. N., & Timur, J. (2021). Pelatihan Media PhET Simulation Untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPMSA), 1(2), 14–23.
Sianturi, T. C., & Sirait, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Phet Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Sma. Inovasi Pembelajaran Fisika, 10(1), 83–90. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1514
Sinulingga, P., Hartanto, T. J., & Santoso, B. (2016). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 57–64. https://doi.org/10.21009/1.02109
Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140–146. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran Edisi Pertama. Kencana.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v11i2.37682
Article Metrics
Abstract view : 788 timesPDF - 704 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 LENNY PUSPITASARI, SUBIKI SUBIKI, BAMBANG SUPRIADI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.