PEMANFAATAN PHET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS STEM UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Shofi Nurul Insani, Andik Purwanto, Eko Risdianto

Abstract


Pandemi COVID-19 menyebabkan lebih banyak tantangan bagi dunia pendidikan untuk menghadapi tantangan pendidikan dimasa pandemi COVID-19, pemilihan media yang tepat untuk kegiatan belajar mengajar sangat diperlukan, diantaranya adalah PhET, yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran fisika berbasis STEM  untuk membantu menghadapi tantangan pendidikan dimasa pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan untuk melihat keefektifan pemanfaatan PhET sebagai media pembelajaran fisika berbasis STEM untuk menghadapi tantangan pendidikan pada masa pandemi COVID-19. Metode kuasi-eksperimen diterapkan dalam penelitian ini, dan desain yang dipakai adalah desain control group pretest and posttest design, dan teknik random cluster sampling sebagai teknik pengambilan sampel dan diperoleh sampel sejumlah 64 orang. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pretest dan posttest sebanyak 15 soal dengan tipe pilihan ganda. Setelah data dianalisis dengan uji independent sample t-test didapatkan hasil bawasannya terdapat pengaruh yang signifikan dari pemanfaatan PhET sebagai media pembelajaran fisika berbasis STEM untuk menghadapi tantangan pendidikan pada masa pandemi COVID-19.


Keywords


Pandemi COVID-19, Tantangan Pendidikan, PhET, STEM

Full Text:

PDF

References


Adi, S., & Fathoni, A. F. (2020). Blended learning analysis for sports schools in Indonesia. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(12), 149–164. https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I12.15595

Anonim. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pendekatan STEM (Science Technology Engineering And Mathematics) Menggunakan Articulate Storyline pada Materi Prisma dan Limas Kelas VIII SMP. 1–12.

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya Asmuni. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7.

Aziza, A. N. (2020). PENGARUH MEDIA SIMULASI PHET ( PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY ) TERHADAP HASIL BELAJAR.

Dewati, M., Bhakti, Y. B., & Astuti, I. A. D. (2019). Peranan Microscope Smartphone sebagai media pembelajaran Fisika berbasis STEM untuk meningkatkan pemahaman konsep Optik. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 4, 36. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v4i0.35910

Dewi, M., Kaniawati, I., & Suwarma, I. R. (2018). Penerapan Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Pada Materi Listrik Dinamis. Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika.

Fauziah, R. N., & Sulisworo, D. (2021). PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI KELAS VIRTUAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI SINAR ISTIMEWA CERMIN Rosynanda Nur Fauziah , Dwi Sulisworo Program Studi Magister Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan email : rosynanda1907041002@webmail.uad.a. 10(1).

Herliandry, L. D., & Suban, M. E. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. 22(1), 65–70.

Laila, S. I. (2020). Keefektifan penerapan laboratorium virtual ( PhET ) Berbasis STEM dan keterampilan penyelesaian masalah. 97–103.

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0.

Masita, S. I., Donuata, P. B., Ete, A. A., & Rusdin, M. E. (2020). Penggunaan Phet Simulation Dalam Meningkatan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. 5(2), 136–141.

Maulana, A. I., & Sari, S. S. (2018). Penerapan Perangkat Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual Pada Pencapaian Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIA 5 SMAN 15 Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 14, 16–22.

Mulyani, S., Lubis, P., & Sugiarti. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE TRACKER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 KELUANG. Jurnal Pendiidkan Fisika.

Rahman, T. (2020). PEMBELAJARAN DARING DI ERA COVID-19 Taufik. Composites Part A: Applied Science and Manufacturing, 68(1), 1–12. http://dx.doi.org/10.1016/j.ndteint.2014.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ndteint.2017.12.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.matdes.2017.02.024

Rais, A. A., & Hakim, L. (2020). Pemahaman Konsep Siswa melalui Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET. 2(1), 1–8. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.1.5074

Yulinda, R., & Hafizah, E. (2021). Pendampingan Pemanfataan Media PhET Simulation dalam Pembelajaran IPA SMP di Masa Pandemik. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 196–204.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v10i2.29178

Article Metrics

Abstract view : 363 times
PDF - 421 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Shofi Nurul Insani, Andik Purwanto, Eko Risdianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.