PENGARUH PENGAJARAN MODEL OLIMPIADE FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.22611/jpf.v1i1.3383Keywords:
model olimpiade fisika, hasil belajar.Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengajaran model olimpeade Fisika terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Medan. Metode pengajaran yang diberikan metode diskusi, tanya jawab dan studi kasus. Berdasarkan data angket yang diperoleh diketahui bahwa pengetahuan siswa tentang olimpiade Fisika adalah cukup baik (68,69%), minat siswa terhadap olimpiade Fisika adalah baik (72,06%), tingkat kesukaran olimpiade Fisika 48,38% dan peran serta guru sekolah terhadap olimpiade Fisika 62,33%. Dari hasil penelitian diketahui bahwa harga thitung = 2,5 dan harga ttabel = 1,994 untuk taraf signifikan a = 0,05. Dapat dilihat bahwa harga thitung>ttabel sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada pengaruh yang berarti dari pengajaran model olimpiade Fisika terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak di SMA Negeri Medan Kelas X Tahun Pelajaran 2005/2006.References
Dalyono, M. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Informasi lomba prestasi bidang Iptek di Lingkungan Direktorat Pendidikan Menengah Umum. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Umum.
Sardiman, A.M. 2003. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Yohanes, S. 1988. Kumpulan Soal dan Penyelesaian Olimpiade Fisika. Jakarta: Bina Sumber Daya.
Zain, A. 2002. Startegi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2012 Jurnal Pendidikan Fisika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.