STUDI KORELASI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA MAHASISWA DENGAN PENCAPAIAN KOGNITIF FISIKA UMUM KONSEP GERAK PELURU PADA TINGKATAN BERPIKIR APLIKASI (C3) DAN ANALISIS (C4)

Salman Hamja Siombone, Amelia Niwele

Abstract


Kemampuan awal matematika mahasiswa dan tingkatan berpikir (aspek kognitif) dalam pemberian tes fisika menjadi perhatian khusus bagi pengajar dalam memantau dan mengontrol pencapaian hasil belajar fisika mahasiswa. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis hubungan korelasional antara kemampuan awal matematika mahasiswa dengan pencapaian kognitif fisika umum. Capaian kognitif fisika yang dimaksud adalah kemampuan penyelesaian soal-soal tes fisika konsep gerak peluru. Sampel dalam penelitian yang dilakukan berupa sampel jenuh, yaitu 29 orang mahasiswa Pendidikan Matematika Semester II. Instrumen penelitian berupa dua bentuk tes essay yaitu tes kemampuan awal matematika dan tes kemampuan menyelesaikan soal fisika. Instrumen tes kemampuan matematika digunakan untuk mengukur kemampuan konsep aritmatika, aljabar dan trigonometri. Sedangkan tes kemampuan fisika digunakan untuk mengukur capaian kognitif fisika umum mahasiswa pada tingkatan berpikir aplikasi (C3) dan analisis (C4). Teknik analisis data dalam penelitian yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian kompetensi kognitif fisika umum mahasiswa untuk materi gerak peluru pada tingkatan berpikir C3 memiliki peresentase keberhasilan lebih tinggi yaitu 79,310% dibandingkan pada tingkatan berpikir C4 yaitu 24,137%. Hasil analisis korelasional menunjukkan adanya korelasi yang positif dan tinggi antara kemampuan awal matematika mahasiswa dengan pencapaian kognitif fisika umum pada materi gerak peluru dengan koefisien korelasi sebesar  = 0,895.

Keywords


Correlation Studies, Mathematical ability, General Physics Cognitive Competence Physics, Projectile Motion, Application Level, Analysis Level.

Full Text:

PDF

References


Aristawati, N.K, Wayan Sadia, I., & Sudiatmika, A. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 8(1), 2599–2554. https://doi.org/10.23887/jjpf.v8i1.20573

Budiarta, I.N.E. (2023). Kajian Literatur Sistematis: Konseptualisasi dan Pengukuran Higher-Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika UNDIKSHA, 13(2): 286-295. https://doi.org/10.23887/jjpf.v13i2.63397

Darmawan, D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Gunada, I.W, Sahidu, H & S,S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, I (1), 38-46. DOI: 10.29303/jpft.v1i1.233

Gusmania, Y & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Gantang, 8, 123 - 132. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2493

Handayani & Heriyati. (2022). Pengaruh Kemampuan Kalkulus Dasar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika. Prosiding Seminar Nasional, SINASIS 3 (1): 102-107.

Hartanti, D., Djudin, T., Mursyid, S. (2021). Analisis Tingkat Berpikir dalam Menyelesaikan Soal Gerak Parabola Menggunakan Taksonomi Structure of The Observed Learning Outcomes (Solo) Siswa Kelas X MIA SMAN 1 Sungai Raya. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pembelajaran Fisika (JIPPF), 2(1), 1-9. DOI: 10.26418/jippf.v2i1.44591

Haryadi, R., Pujiastuti, H. (2015). Pengaruh Kemampuan Matematis Terhadap Hasil Belajar Fisika. PROSIDING SKF 2015: 174-177. Available from: https://ifory.id/proceedings/2015/X9H3ae2VT/skf_2015_proceedings_5562245665.pdf

Hinkle, D.E, Wiersma, W., Jurs S.G. (2003). Applied Statistic for Behavioural Science. London: Boston.

Karim, S., & Saepuzaman, D. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Calon Guru Fisika dalam Memahami Konsep Gerak Parabola. SNF2016-oer-51-snf2016-oer-56. https://doi.org/10.21009/0305010409

Kistiono. (2019). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 06 (1), 70–81. https://doi.org/10.36706/jipf.v6i1.7817

Mensah, F. S. (2017). Ghanaian senior high school students’ error in learning of trigonometry ghanaian senior high school students’ error in learning of trigonometry. International Journal of Environmental & Science Education, 12(8), 1709–1717.

Muslimin, Candhra Dwi D.R, Nurlaila. (2020). Pencapaian Kompetensi Kognitif Tingkatan Aplikasi dan Analisis Materi Hukum Newton SMA Labschool UNTAD. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 08 (02): 137-144. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i2.3204

Nabilah, M, Sitompul, S. S, Hamdani. (2020) Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Momentum dan Impuls. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pembelajaran Fisika (JIPPF), Vol. 1 (1), Edisi 1, Halaman: 1-7. http://dx.doi.org/10.26418/jippf.v1i1.41876

Nurlailiyah, A., Utama, D., & Deta, A. (2015). Studi Korelasi Antara Kemampuan Matematika dengan Hasil Belajar Fisika di SMA PGRI Sumberrejo Bojonegoro Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 5(2). http://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa

Nursari, E. V., Setiawati, I., & Lismaya, L. (2021). Analisis Perangkat Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) di Masa Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 78–97. https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i2.52

Pratiwi, N. A., Yunginger, R., Uloli, R., Arbie, A., Paramata, D. D., & Payu, C. (2022). Pengaruh Integrasi Virtual Laboratorium Fisika Berbasis Simulasi PhET dengan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Ranah Kognitif C3 dan C5. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(1), 11-17. https://doi.org/10.24114/jpf.v11i1.31675

Pristanti, A. I., Hatibe, A., & Saehana, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Fisika Siswa SMA Negeri 4 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 5(3), 37. DOI:10.22487/j25805924.2017.v5.i3.8870

Rahmasari, S. (2019). Penguasaan konsep aljabar dan aritmatika untuk menyelesaikan soal-soal fisika dasar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 65–74. https://doi.org/10.33654/math.v5i1.521

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Zairi, A., Sutrisno, L., & Tiur Maria, H. S. (2017). Hubungan Antara Kemampuan Matematika dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Gerak Parabola. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 6(3),1-10. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.640




DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v12i2.49418

Article Metrics

Abstract view : 212 times
PDF - 217 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Salman Hamja Siombone

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.