STUDI KORELASI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA MAHASISWA DENGAN PENCAPAIAN KOGNITIF FISIKA UMUM KONSEP GERAK PELURU PADA TINGKATAN BERPIKIR APLIKASI (C3) DAN ANALISIS (C4)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aristawati, N.K, Wayan Sadia, I., & Sudiatmika, A. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 8(1), 2599–2554. https://doi.org/10.23887/jjpf.v8i1.20573
Budiarta, I.N.E. (2023). Kajian Literatur Sistematis: Konseptualisasi dan Pengukuran Higher-Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika UNDIKSHA, 13(2): 286-295. https://doi.org/10.23887/jjpf.v13i2.63397
Darmawan, D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Gunada, I.W, Sahidu, H & S,S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, I (1), 38-46. DOI: 10.29303/jpft.v1i1.233
Gusmania, Y & Agustyaningrum, N. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Gantang, 8, 123 - 132. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2493
Handayani & Heriyati. (2022). Pengaruh Kemampuan Kalkulus Dasar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Fisika. Prosiding Seminar Nasional, SINASIS 3 (1): 102-107.
Hartanti, D., Djudin, T., Mursyid, S. (2021). Analisis Tingkat Berpikir dalam Menyelesaikan Soal Gerak Parabola Menggunakan Taksonomi Structure of The Observed Learning Outcomes (Solo) Siswa Kelas X MIA SMAN 1 Sungai Raya. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pembelajaran Fisika (JIPPF), 2(1), 1-9. DOI: 10.26418/jippf.v2i1.44591
Haryadi, R., Pujiastuti, H. (2015). Pengaruh Kemampuan Matematis Terhadap Hasil Belajar Fisika. PROSIDING SKF 2015: 174-177. Available from: https://ifory.id/proceedings/2015/X9H3ae2VT/skf_2015_proceedings_5562245665.pdf
Hinkle, D.E, Wiersma, W., Jurs S.G. (2003). Applied Statistic for Behavioural Science. London: Boston.
Karim, S., & Saepuzaman, D. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Calon Guru Fisika dalam Memahami Konsep Gerak Parabola. SNF2016-oer-51-snf2016-oer-56. https://doi.org/10.21009/0305010409
Kistiono. (2019). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 06 (1), 70–81. https://doi.org/10.36706/jipf.v6i1.7817
Mensah, F. S. (2017). Ghanaian senior high school students’ error in learning of trigonometry ghanaian senior high school students’ error in learning of trigonometry. International Journal of Environmental & Science Education, 12(8), 1709–1717.
Muslimin, Candhra Dwi D.R, Nurlaila. (2020). Pencapaian Kompetensi Kognitif Tingkatan Aplikasi dan Analisis Materi Hukum Newton SMA Labschool UNTAD. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 08 (02): 137-144. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i2.3204
Nabilah, M, Sitompul, S. S, Hamdani. (2020) Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Momentum dan Impuls. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pembelajaran Fisika (JIPPF), Vol. 1 (1), Edisi 1, Halaman: 1-7. http://dx.doi.org/10.26418/jippf.v1i1.41876
Nurlailiyah, A., Utama, D., & Deta, A. (2015). Studi Korelasi Antara Kemampuan Matematika dengan Hasil Belajar Fisika di SMA PGRI Sumberrejo Bojonegoro Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 5(2). http://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa
Nursari, E. V., Setiawati, I., & Lismaya, L. (2021). Analisis Perangkat Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) di Masa Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 78–97. https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i2.52
Pratiwi, N. A., Yunginger, R., Uloli, R., Arbie, A., Paramata, D. D., & Payu, C. (2022). Pengaruh Integrasi Virtual Laboratorium Fisika Berbasis Simulasi PhET dengan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Ranah Kognitif C3 dan C5. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(1), 11-17. https://doi.org/10.24114/jpf.v11i1.31675
Pristanti, A. I., Hatibe, A., & Saehana, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Fisika Siswa SMA Negeri 4 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 5(3), 37. DOI:10.22487/j25805924.2017.v5.i3.8870
Rahmasari, S. (2019). Penguasaan konsep aljabar dan aritmatika untuk menyelesaikan soal-soal fisika dasar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 65–74. https://doi.org/10.33654/math.v5i1.521
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Zairi, A., Sutrisno, L., & Tiur Maria, H. S. (2017). Hubungan Antara Kemampuan Matematika dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Gerak Parabola. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 6(3),1-10. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.640
DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v12i2.49418
Article Metrics
Abstract view : 212 timesPDF - 217 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Salman Hamja Siombone
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.