Journal History

Jurnal Pendidikan Kimia pertama sekali terbit pada tahun 2009 dengan menggunakan ISSN: 2085-3653 versi cetak, namun dionlinekan. Penerbitan Jurnal Pendidikan Kimia adalah untuk menjawab tantangan kemajuan informasi ilmiah dan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Kimia terbit tiga kali pertahun, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. Jurnal Pendidikan Kimia hanya memuat tulisan hasil penelitian yang terkait dengan Pendidikan Kimia dan Kimia fundamental. Jurnal Pendidikan Kimia berupaya untuk menghindarkan pemuatan artikel yang plagiarisme. Intensitas pemuatan Jurnal Pendidikan Kimia secara online dimulai pada tahun 2014. Namun adanya peraturan dari Kemristekdikti mengenai pengelolaan Jurnal berbasis online, membuat pengelola Jurnal Pendidikan Kimia bergerak cepat. Oleh karena itu, Jurnal Pendidikan Kimia bertambah namanya menjadi Jurnal Pendidikan Kimia, penambahan ini dimulai pada bulan Februari 2017. Penambahan nama JPKim, dibarengi dengan pengurusan ISSN versi online dengan nomor 2549-3116. Kini Jurnal Pendidikan Kimia telah memiliki ISSN versi cetak dan juga versi online.

Untuk memungkinkan Jurnal Pendidikan Kimia terakreditasi, maka  Jurnal Pendidikan Kimia mulai tahun 2018 (Volume 10, Nomor 1...dst) akan menggunakan full teks Bahasa Inggris.

Pengelola Jurnal Pendidikan Kimia senantiasa berupaya untuk menampilkan template (gaya selingkung) jurnal ini semenarik mungkin, maka dari itu Jurnal ini mengalami beberapa perubahan template hingga akhirnya pada terbitan Volume 10 No 1 tahun 2018 dan seterusnya telah menemukan tampilan template (gaya selingkung) yang sesuai dan konsisten.