ANALISIS EVALUASI SUMATIF PADA KETERAMPILAN MENYIMAK JENJANG BIPA 4 DI BALAI BAHASA UPI (UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA)
Abstract
Penelitian ini membahas bentuk soal sumatif keterampilan menyimak BIPA 4 di Balai Bahasa UPI dan kesesuaian soal dengan indikator kelulusan pada SKL BIPA 4 menurut Permendikbud No 27 Tahun 2017. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk soal berupa UAP (Ujian Akhir Program) dengan jenisĀ soal objektif berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 soal yang terbagi menjadi sesi A dan sesi B. Keduanya telah sesuai dengan indikator lulusan pada SKL BIPA 4 menurut Permendikbud No 27 Tahun 2017 yakni pada elemen kompetensi 2.1. (Mampu memahami diskusi/pidato/ceramah dengan alur argumen yang kompleks dengan topik yang sudah dikenal) dan 2.2. (Mampu menyimpulkan informasi dari berita yang berasal dari media elektronik). Sedangkan untuk elemen kompetensi 2.3. (Mampu memahami film Indonesia berdurasi pendek yang beralur sederhana) tidak muncul baik di sesi A maupun sesi B, karena topik yang diangkat adalah seputar musik favorit dan lowongan pekerjaan.
Keywords
References
Arikunto, S. 1999. Dasar-Dasar Evaluasi Pedidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Basuki, I & Haryanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung : PT Remaja.
Lodang, Hamka & Bara, Nur Afni Suraya. 2012. Analisis kesesuaian antara instrumen evaluasi formatif dengan tujuan kognitif pembelajaran Biologi di SMP Watansoppeng. Jurnal Bionature, Volume 13, Nomor 2, Oktober.
Mardapi Djemari, 2012. Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta : Nuha
Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE
Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudjana. S. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suharsaputra, U. 2012. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
DOI: https://doi.org/10.24114/edukasi%20kultura.v9i2.43395
Article Metrics
Abstract view : 119 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.