Analisis Hasil Evaluasi Pembelajaran PPKn untuk Menilai Penguatan Nilai-Nilai Karakter di SDN 060791 Medan Area
DOI:
https://doi.org/10.24114/edukasikultura.v12i1.67882Keywords:
Evaluasi Pembelajaran, PPKn, Nilai Karakter, Pendidikan Dasar, Penguatan KarakterAbstract
Evaluasi pembelajaran merupakan bagian penting dalam proses pendidikan yang tidak sekadar menilai aspek kognitif, namun juga afektif dan psikomotorik, termasuk penguatan nilai-nilai karakter. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis hasil evaluasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) untuk menilai sejauh mana nilai-nilai karakter diterapkan dan tercerminkan dalam diri siswa sd. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di SDN 060791 Medan Area. Teknik menghimpun data terdiri atas mengobservasi, mewawancarai, mendokumentasi. Hasil analisis memperlihatkan bahwa evaluasi pembelajaran PPKn mampu mengidentifikasi indikator karakter seperti tanggung jawab, disiplin, kerja sama, dan cinta tanah air. Kesimpulannya, hasil evaluasi pembelajaran dapat menjadi alat reflektif untuk meningkatkan strategi penguatan nilai karakter di sekolah dasar.References
Journal article with a DOI
Astuti, W. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar melalui Pembelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 45–56.
Putra, H. A., & Ramadhani, T. (2022). Analisis Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(3), 193–202.
Rahayu, D., & Maulana, A. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif untuk Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 81–89.
Rosyadi, Y., & Aulia, L. (2023). Tantangan Guru dalam Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1), 59–68.
Sauri, S. (2021). Praktik Penilaian Sikap dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 15(1), 21–30.
Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47–58.
Authored book with a DOI
Hasan, H. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemendikbud. (2015). Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Jakarta: Kemdikbud.
Lickona, T. (1991). Educating for Character. New York: Bantam Books.
Lickona, T. (2021). Character Matters: How to Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Essential Virtues (ed. revisi). New York: Simon & Schuster.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.
Mulyasa, E. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga.
Nurul Zuriah. (2007). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti. Jakarta: Bumi Aksara.
Samani, M. & Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Samani, M., & Hariyanto. (2020). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sauri, S. (2015). Model Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suyanto, S. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga.
Tilaar, H. A. R. (2002). Pendidikan dan Masyarakat Madani. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wibowo, A. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter di Era Digital. Yogyakarta: Deepublish.
Zuchdi, D. (2009). Humanisasi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Budimansyah, D. & Suryadi, A. (2008). Pembelajaran PPKn Kontekstual. Bandung: Rizqi Press.
Winarno, S. (2012). PPKn dalam Perspektif Global. Jakarta: Rajawali Pers.
Indrawan, R. & Yaniawati, P. (2018). Statistik Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.
Suparlan, P. (2010). Membangun Karakter Bangsa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anzilnii Asy Syifa, Debora Keiko Pasaribu, Arika Angelia Sitompul, Rachell Maretta Laurencia, Nurhudayah Manjani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Penulis.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).