Analisis Hasil Evaluasi Pembelajaran PPKn untuk Menilai Penguatan Nilai-Nilai Karakter di SDN 060791 Medan Area

Authors

  • Anzilnii Asy Syifa Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Debora Keiko Pasaribu Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Arika Angelia Sitompul Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Rachell Maretta Laurencia Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Nurhudayah Manjani Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221

DOI:

https://doi.org/10.24114/edukasikultura.v12i1.67882

Keywords:

Evaluasi Pembelajaran, PPKn, Nilai Karakter, Pendidikan Dasar, Penguatan Karakter

Abstract

Evaluasi pembelajaran merupakan bagian penting dalam proses pendidikan yang tidak sekadar menilai aspek kognitif, namun juga afektif dan psikomotorik, termasuk penguatan nilai-nilai karakter. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis hasil evaluasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) untuk menilai sejauh mana nilai-nilai karakter diterapkan dan tercerminkan dalam diri siswa sd. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di SDN 060791 Medan Area. Teknik menghimpun data terdiri atas mengobservasi, mewawancarai, mendokumentasi. Hasil analisis memperlihatkan bahwa evaluasi pembelajaran PPKn mampu mengidentifikasi indikator karakter seperti tanggung jawab, disiplin, kerja sama, dan cinta tanah air. Kesimpulannya, hasil evaluasi pembelajaran dapat menjadi alat reflektif untuk meningkatkan strategi penguatan nilai karakter di sekolah dasar.

References

Journal article with a DOI

Astuti, W. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar melalui Pembelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 45–56.

Putra, H. A., & Ramadhani, T. (2022). Analisis Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(3), 193–202.

Rahayu, D., & Maulana, A. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif untuk Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 81–89.

Rosyadi, Y., & Aulia, L. (2023). Tantangan Guru dalam Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1), 59–68.

Sauri, S. (2021). Praktik Penilaian Sikap dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 15(1), 21–30.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47–58.

Authored book with a DOI

Hasan, H. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud. (2015). Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Jakarta: Kemdikbud.

Lickona, T. (1991). Educating for Character. New York: Bantam Books.

Lickona, T. (2021). Character Matters: How to Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Essential Virtues (ed. revisi). New York: Simon & Schuster.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga.

Nurul Zuriah. (2007). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti. Jakarta: Bumi Aksara.

Samani, M. & Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Samani, M., & Hariyanto. (2020). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sauri, S. (2015). Model Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, S. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga.

Tilaar, H. A. R. (2002). Pendidikan dan Masyarakat Madani. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wibowo, A. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter di Era Digital. Yogyakarta: Deepublish.

Zuchdi, D. (2009). Humanisasi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Budimansyah, D. & Suryadi, A. (2008). Pembelajaran PPKn Kontekstual. Bandung: Rizqi Press.

Winarno, S. (2012). PPKn dalam Perspektif Global. Jakarta: Rajawali Pers.

Indrawan, R. & Yaniawati, P. (2018). Statistik Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Suparlan, P. (2010). Membangun Karakter Bangsa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

06/30/2025

How to Cite

Syifa, A. A., Pasaribu, D. K., Sitompul, A. A., Laurencia, R. M., & Manjani, N. (2025). Analisis Hasil Evaluasi Pembelajaran PPKn untuk Menilai Penguatan Nilai-Nilai Karakter di SDN 060791 Medan Area. EDUKASI KULTURA JURNAL BAHASA SASTRA DAN BUDAYA, 12(1), 468–475. https://doi.org/10.24114/edukasikultura.v12i1.67882

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.