Optimalisasi Teknologi Untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar

Authors

  • Eliezer sembiring Universitas Negeri Medan
  • Nasrun Tumanggor
  • Trinanda Putra Pohan
  • Riwan Jordan Peranginangin
  • Trisnawati Hutagalung

Keywords:

Teknologi, Sekolah Dasar, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

This study aims to examine the effectiveness of Indonesian language teaching in primary schools due to the limited use of technology and conventional learning methods. The purpose of this study is to analyze the potential and implementation of technology in improving Indonesian language teaching and assess its impact on students' learning experience. The method used was qualitative research with the research subjects being a number of primary school teachers and students in urban and rural areas. Data were collected through interviews, observations, and documentation studies, then analyzed descriptively and interpretatively. The results show that the use of digital-based technologies, such as interactive software and online platforms, can improve students' engagement and understanding in learning Indonesian. However, this study also found infrastructure constraints and limited teacher training as the main obstacles. This study has limitations in terms of sample size and region, so the results are not fully representative of all educational contexts in Indonesia.

References

Akhiruddin, S., Atmowardoyo, H., & Nurhikmah, H. (2019). Belajar dan Pembelajaran.

Gowa: Cahaya Bintang Cemerlang, 193–206.

Anggreni, N. L. O. (2019). Prestasi belajar bahasa Indonesia siswa sekolah dasar dapat

ditingkatkan melalui optimalisasi penerapan metode diskusi kelompok kecil (small

group discussion). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 201–208.

Fauziah, I. N. N., Saputri, S. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi informasi:

Dampak media sosial pada perubahan sosial masyarakat. Indo-MathEdu Intellectuals

Journal, 5(1), 757–766.

Fidaus, A. A., Sitanggang, E., Sianturi, I., Andriani, I., Agustin, W., & Sembiring, B. (2025).

Analisis Bahasa Gaul Terhadap Kemampuan Berbahasa Indonesia Mahasiswa

Olahraga Article History. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 1847–1854.

https://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2847

Ginting, D., Abda, M. I., Maq, M. M., Karina, M., & Sari, N. I. (2023). Pelatihan Kreativitas

Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Filmora

Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru. Journal Of Human

And Education (JAHE), 3(3), 124–131.

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk

meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa. Prosiding Seminar Nasional

Pendidikan FKIP, 2(1), 17–26.

Kardika, R. W., Rokhman, F., & Pristiwati, R. (2023). Penggunaan Media Digital terhadap

Kemampuan Literasi Multimodal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JIIP-Jurnal

Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6715–6721.

Kusum, J. W., Akbar, M. R., & Fitrah, M. (2023). Dimensi Media Pembelajaran (Teori dan

Penerapan Media Pembelajaran Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society

5.0). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Labudasari, E., & Sriastria, W. (2018). Perkembangan emosi pada anak Sekolah Dasar.

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon,

7(8), 1–8.

Langoday, F. S. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA JARI PADA

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KETERAMPILAN

BERBICARA SISWA KELAS II SD INPRES OEPOI. Mimbar PGSD

Flobamorata, 1(1), 1–6.

162

Edukasia Kultura: Jurnal Bahasa Sastra dan Budaya

Optimalisasi Teknologi Untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar

Mahfiroh, H., & Ardiansyah, A. S. (2023). Telaah Challenge Based Learning pada Kuliner

Dawet Ayu Banjarnegara Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa.

PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 70–76.

Mahyudi, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Bahasa

Indonesia. ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), 122–127.

Majid, A. (2017). Analisis data penelitian kualitatif. Penerbit Aksara Timur.

Mariani, R., Novita, R., & Sari, S. M. (2023). Pemanfaatan Komik Sebagai Media

Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar

Siswa Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2881–2887.

Nurhayati, D., Ekasari, I. Y. E., & Ani, R. N. A. (2024). Peran Guru dan Orang Tua dalam

Pendidikan Karakter untuk Mengatasi Dekadensi Moral Anak: Literature Review.

Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 433–446.

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi &

Pendidikan, 8(1), 19–35.

Pradita, E. L., Dewi, A. K., Tsuraya, N. N., & Fauziah, M. (2024). Peran Orang Tua dalam

Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1),

1238–1248.

Purba, A., & Saragih, A. (2023). Peran teknologi dalam transformasi pendidikan bahasa

Indonesia di era digital. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety,

3(3), 43–52.

Rajagukguk, Y. J., Glen, I., Pardosi, F., Sinaga, I. D., Munthe, P. F., & Nainggolan, B. V.

(2025). PERAN STRATEGIS MATA KULIAH BAHASA INDONESIA DALAM

MEMBANGUN LITERASI OLAHRAGA DI KAMPUS Article History. Indo

MathEdu

Intellectuals

Journal,

https://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2505

6(1),

1842–1847.

Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022a). Implementasi program kampus

mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal

Basicedu, 6(3), 3514–3525.

Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022b). Implementasi program kampus

mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal

Basicedu, 6(3), 3514–3525.

Santika, I. D. A. D. M., Agung, I. G. A. M., & Apriliani, K. (2021). Video pembelajaran

untuk peningkatan kemampuan bahasa Inggris tingkat sekolah dasar. International

Journal of Community Service Learning, 5(4), 342–352.

Santosa, A., & Agung, I. (2017). Dinamika Lptk Menuju Perguruan Tinggi Kelas Dunia

(World Class University/Wcu). Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), 259390.

163

Volume 12, Number 1, 2025

Sembiring, E., Tumanggor, N., Pohan, T. P., Peranginangin, R. J., Hutagalung, T. (2025). Optimalisasi

Teknologi Untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. EDUKASI KULTURA

JURNAL BAHASA SASTRA DAN BUDAYA, 12(1), 155–164.

https://doi.org/10.24114/edukasikultura.v12i1.66042

Savitri, A. S., Sholih, J. A. U., & Herlambang, Y. T. (2023). Analisis Peran Teknologi

Berdasarkan Perspektif Merdeka Belajar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3),

2818–2829.

Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD: apa,

mengapa, dan bagaimana. Current Research in Education: Conference Series Journal,

1(1), 3–13.

Supriatna, C. (2024). Era Baru Pendidikan: Pemanfaatan Teknologi Dalam Mencapai

Tujuan Pendidikan Indonesia. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3154–3162.

Zahra, K., & Odang, O. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital Melalui Aplikasi Halo

Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. INTIFA: Journal of Education and

Language, 1(3), 195–201.

Published

2025-07-01

How to Cite

sembiring, E., Nasrun Tumanggor, Trinanda Putra Pohan, Riwan Jordan Peranginangin, & Trisnawati Hutagalung. (2025). Optimalisasi Teknologi Untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. EDUKASI KULTURA JURNAL BAHASA SASTRA DAN BUDAYA, 12(1), 155–164. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kultura/article/view/67238

Similar Articles

<< < > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.