Analisis Bahan Ajar Instrumen Gitar Persiapan Program Studi Pendidikan Musik Universitas Negeri Medan

Adina Sastra Sembiring, Uyuni Widiastuti

Abstract


Bahan Ajar merupakan bagian yang sangat penting dalam proses pembelajaran, baik dalam pembelajaran teori maupun praktek.  Bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran instrumen gitar persiapan terdiri dari tangga nada, etude dan lagu. Namun bahan ajar tersebut perlu dianalisis kembali untuk mengetahui kesesuaian bahan ajar dengan mahasiswa semester awal, bahan ajar yang diberikan ter-update dan sesuai dengan grade (tingkatan) pada pembelajaran gitar.Hasil analisis yang telah dilakukan pada bahan ajar gitar persiapan ternyata banyak materi yang ada pada bahan ajar kurang sesuai dengan tingkat kemampuan mahasiswa, karena mahasiswa yang masih dikategorikan pada tingkat pemula. Tangga nada yang diberikan terlalu sedikit padahal tangga nada tersebut mendukung dalam permainan etude dan lagu, sedangkan etude dan lagu yang banyak yang sulit untuk dimainkan karena tingkatannya yang tidak sesuai dengan pemula. Oleh sebab itu perlu adanya revisi bahan ajar agar mahasiswa dapat bermain gitar sesuai dengan tingkatannya (grade).


Keywords


Bahan Ajar, Instrumen Gitar Persiapan

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Banoe P. (2003). Kamus Musik, Penerbit: Kanisius: Yogyakarta

Kristianto, J. (2013). Gitarpedia Buku Pintar Gitaris, Penerbit: PR Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Muhaimin, (2009). Modul Wawasan Pengembangan Bahan Ajar bab V Malang: LKP2-I

Majid, A. (2007). Perencanaan Pembelajaran Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (menciptakan metode pembelajaaran yang menarik dan menyenangkan). Yogyakarta: Diva Press.

Syafig, M. (2003). Ensiklopedia, Penerbit: Adi Cita Karya Nusa: Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.24114/gondang.v2i1.9761

Article Metrics

Abstract view : 788 times
PDF - 762 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





 Creative Commons License
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.