Pengembangan Media Flipbook Obesitas dan Makanan Sehat Anak Sekolah
Abstract
Siswa belum pernah mendapatkan edukasi gizi tentang obesitas dan pangan jajanan anak sekolah sehingga anak sekolah kurang mendapatkan edukasi gizi dan kurangnya media yang dapat digunakan dalam memberikan edukasi gizi. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis kebutuhan siswa dan guru pada media pembelajaran interaktif flipbook obesitas dan makanan sehat anak sekolah; (2) Mengembangkan media pembelajaran interaktif flipbook obesitas dan makanan sehat anak sekolah; (3) Mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif flipbook obesitas dan makanan sehat anak sekolah menurut ahli materi dan ahli media; (4) Mengetahui efektivitas media pembelajaran interaktif flipbook obesitas dan makanan sehat anak sekolah menurut siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dilakukan pada bulan Mei – Agustus 2022 di SD Negeri 104283 Jaharun B. Produk yang dihasilkan divalidasi oleh 3 ahli materi dan 1 ahli media untuk menilai kelayakan media. Uji coba produk dilakukan pada kelompok kecil sebanyak 6 siswa dan kelompok besar sebanyak 20 siswa. Validasi kuesioner pengetahuan siswa dilakukan di sekolah yang berbeda sebanyak 30 siswa. Sampel pada uji efektivitas media sebanyak 57 siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasil analisis kebutuhan guru dan siswa menunjukan bahwa seluruh guru dan siswa membutuhkan media pembelajaran interaktif dengan skor > 50 persen. Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran interaktif flipbook obesitas dan makanan sehat anak sekolah yang telah diuji kelayakannya menunjukan persentase rata – rata dari ahli materi, ahli media, dan siswa sebesar 89,01 % sehingga dikategorikan sangat layak. Hasil uji efektivitas media pembelajaran interaktif flipbook obesitas dan makanan sehat anak sekolah menunjukan terjadi peningkatan pengetahuan siswa sebesar 35,56 %, terdapat perbedaan rata – rata antara nilai pretest dan posttest siswa dengan nilai sig. 0,006 (< 0,05), serta media flipbook efektif terhadap peningkatan pengetahuan siswa dengan nilai sig. (2 – tailed) 0,000 (<0,05).
Kata kunci: Flipbook, Obesitas, Makanan Sehat.
Full Text:
PDFReferences
Aminah, S. (2018). Implementasi Model ADDIE Pada Education Game Pembelajaran Bahasa Inggis (Studi Kasus Pada SMP Negeri 8 Pagaralam). Jurnal Ilmiah Betrik, 9(3), 152 – 162.
Apriyansyah, M. R., Sambowo, K. A., & Maulana A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (Jpensil), 9(1), 8 – 18.
Azmi, R. A., Rukun, K., & Maksum, H. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 303 – 314.
Handoyono, N. A., Mahmud, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Pembelajaran Electronic Fuel Injection (EFT). Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(2), 107 – 116.
Munawar, B. (2020). Pemanfaatan Bahan Ajar Digital Berupa Animasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini. JPP PAUD FKIP Untirta, 7(2), 93 – 104.
Novianty, F. D., Sholikhah, D. M., & Pribadi, H. P. (2021). Hubungan Pengetahuan Gizi, Aktivitas Fisik dan Asupan Zat Gizi Dengan Status Gizi Pada Remaja di SMK Kecamatan Gresik. Ghidza Media Journal, 3(1), 234 – 244.
Nurhayati, S., & Muharamsah, L. (2020). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Sosial Pada SMP Negeri 1 Carita. Journal of Information System, 5(2), 200 – 207.
Rahmat, A. H. A., Fadjri, T. K., Fitri, Y., & Mulyani, N. S. (2021). Sosialiasi Pola Makan dan Sedentari Dalam Mencegah Masalah Obesitas Pada Anak Sekolah Dasar di Kota Banda Aceh. Jurnal PADE : Pengabmas dan Edukasi, 1(2), 62 – 66.
Rustandi, A., & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57 – 60.
Setiawan, H. R., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2021). Pengembangan Media Ajar Lubang Hitam Menggunakan Model Pengembangan ADDIE. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 112 – 119.
Setiyo, E., Zulhermanan, Harlin. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash Flipbook Pada Mata Kuliah Elemen Mesin 1 di Program Studi Pendidkan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(1), 1 – 6.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Syafleni, Asriwati, & Hadi, A., J. (2020). Analisis Dampak Konsumsi Jajanan, Aktivitas Fisik, dan Status Gizi Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Swasta Pharmaca Medan. Jurnal Komunitas Kesehatan Masyarakat, 1(2), 31 – 39.
Yuliawati, L., Aribowo, D., & Hamid, M. A. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 5(1), 35 – 42.
Zulhelmi. (2021). Pemanfaatan Kvisoft Flipbook Maker Dalam Rangka Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 217 – 226.
DOI: https://doi.org/10.24114/jnc.v3i1.42336
Article Metrics
Abstract view : 255 timesPDF - 173 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.