Rancangan Media Pembelajaran Hewan Purbakala Menggunakan Augmented Reality

Sampurna Dadi Riskiono, Try Susanto, Kristianto Kristianto

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk membuat rancangan sebuah media pembelajaran yang inovatif dan menarik. Dengan kemudahan untuk memperkenalkan hewan yang hidup pada zaman prasejarah ke dalam bentuk yang lebih nyata pada murid sekolah. Rancangan aplikasi augmented reality pembelajaran hewan purbakala dibangun dengan menggunakan beberapa tools seperti Unity, Vuforia dan Blender. Nilai tambah dari aplikasi yang dibuat yaitu dengan diterpakannya metode marker based pada aplikasi media pembelajaran yang berjenis augmented reality, hal ini bertujuan agar semakin menarik dan meningkatkan minat belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah Aplikasi Media Pembelajaran yang berjalan pada platform android. Untuk mendapatkan aplikasi yang berfungsi secara keseluruhan, maka aplikasi Augmented Reality Media Pembelajaran ini diuji menggunakan BlackBox dengan hasil lulus uji fungsional sistem.

Keywords


Augmented Reality, Vuforia, Unity, Marker based, Rancangan Media Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Ari Listiyani, D.Sejarah untuk kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Hendrayana. Sejarah Kelas X. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

R. I. Borman, “Implementasi Augmented Reality pada Aplikasi Android Pegenalan Gedung Pemerintahan Kota Bandar Lampung,” J. Teknoinfo, vol. 11, no. 1, p. 1, 2017.

Thomas, B. Emerging technologies of augmented reality Interfaces and design. Hershey: Idea Group Publishing.2007

R. T. Azuma, “A survey of augmented reality,” Presence Teleoperators Virtual Environ., vol. 6, no. 2–3, pp. 355–385, 1997.

Kaufmann, H. (2002). Collaborative Augmented Reality in Education. Education and Information Technologies, pp. 263-276

I. D. Gede, W. Dhiyatmika, I. K. Gede, D. Putra, N. Made, and I. Marini, “Aplikasi Augmented Reality Magic Book Pengenalan Binatang untuk Siswa TK,” Lontar Komput., vol. 6, no. 2, pp. 589–596, 2015.

Roedavan, R. Unity Tutorial Game engine. Bandung: Informatika, 2016

Aini, Q., Rahardja, U., & Naufal, R. S. Penerapan Single Sign On dengan Google pada Website berbasis YII Framework. Sisfotenika, 8(1), 57-68, 2018.

Djiwandono, P. I. Meneliti itu Tidak Sulit: Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Bahasa. Deepublish, 2015.

D. Febiharsa, I. M. Sudana, and N. Hudallah, “Uji Fungsionalitas (BlackBox Testing) Sistem Informasi Lembaga Sertifikasi Profesi (SILSP) Batik Dengan AppPerfect Web Test Dan Uji Pengguna,” JOINED J., vol. 1, no. 2, pp. 117–126, 2018.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v5i2.18053

Article Metrics

Abstract view : 3353 times
PDF - 2991 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License