Peningkatan Hasil Belajar Backhand Short Service, Permainan Bulu Tangkis Melalui Media Audiovisual Siswa Kelas V SD Swasta Bina Guna Medan

Devi Catur Winata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar Backhand Short Service dengan menggunakan penerapan Media Audiovisual pada siswa kelas V SD Bina Guna Medan tahun ajaran 2016/2017. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan  Mei  2017. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik Smash  masih rendah. Dari 25 orang siswa terdapat 10 orang (40%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 15 orang (60%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 60,97. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 25 orang siswa terdapat  22 orang (88%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 3 orang (12%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,16. Berdasarkan  hal itu maka dapat  ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui Penerapan Media Audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar Backhand Short Service  pada siswa kelas V SD Swata Bina Guna Medan  Tahun Ajaran 2016/2017.


Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir Ateng, 1992. Asas dan Landasan Pendidikan Jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Bahri, Syaiful, 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyanti dan Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Djamarah, 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Icuk Sugiarto, 2002. Total Badminton. Jakarta: CV. Setyaki Eka Anugrah.

Lutan, Rusli, 1999. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan jasmani Dan kesehatan. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebidayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tiggi. Proyek Peminaan Tenaga Pendidikan.

Syahri Alhusin,2007. Gemar Bermain Bulutangkis. Surakarta: CV. Seti-Aji.




DOI: https://doi.org/10.24114/isj.v1i1.11935

Article Metrics

Abstract view : 196 times
PDF - 254 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jl. Willem Iskandar Pasar. V Medan Estate.