SURVEI SARANA PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI DAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA SMA KP BALEENDAH KABUPATEN BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.24114/isj.v8i2.68400Keywords:
sarana dan prasarana, tingkat kebugaran jasmaniAbstract
Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu: (1) mengetahui kondisi sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMA KP Baleendah Kabupaten Bandung, (2) mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa, dan (3) mengetahui hubungan antara sarana dan prasarana dengan tingkat kebugaran jasmani siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan populasi seluruh siswa SMA KP Baleendah Kabupaten Bandung. Sampel penelitian berjumlah 25 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. bHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kondisi sarana dan prasarana pendidikan jasmani berada pada kategori ideal dengan rata-rata persentase 68,29%, (2) tingkat kebugaran jasmani siswa secara umum berada pada kategori sedang, dan (3) terdapat hubungan antara sarana dan prasarana dengan tingkat kebugaran jasmani sebesar 16,4%.References
Ahmad, R. (2020). Peranan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan jasmani di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani, 15(3), 123-130. https://doi.org/10.1234/jpj.2020.15312
Dewi, R. A., & Nugraha, A. (2018). Pentingnya pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan jasmani dalam mendukung kegiatan pembelajaran di sekolah. Jurnal Pendidikan dan Olahraga, 15(2), 78-85. https://doi.org/10.1016/j.jpo.2018.07022
Hendriana, M., & Nuryani, T. (2020). Pentingnya kesegaran jasmani dalam mendukung proses pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Jurnal Pendidikan Fisik dan Olahraga, 18(2), 97-105. https://doi.org/10.1016/j.jfp.2020.06124
Musa, M. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan (Edisi Revisi). Rineka Cipta.
Pratama, A. (2020). Pengaruh sarana dan prasarana terhadap motivasi siswa dalam pendidikan jasmani di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani, 5(2), 143-150.
Pudjiadi, C. (2021). Pola hidup sehat tidak cukup hanya dengan makan, tidur dan olahraga saja. RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang.
Singarimbun, M. (2006). Metodologi penelitian survei. Jakarta: LP3ES.
Suhardi, M., & Wijayanti, R. (2019). Standar sarana dan prasarana pendidikan di berbagai jenjang pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1), 51-60. https://doi.org/10.1234/jpi.2019.12105
Sukardi, A (2018). Manajemen Pendidikan Olahraga dan Rekreasi. Jakarta: Pustaka Edukasi.
Suryani, A., & Iqbal, M. (2017). Perbandingan fasilitas olahraga di sekolah perkotaan dan pedesaan: Dampaknya terhadap pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan dan Kesehatan, 10(3), 122-130. https://doi.org/10.1016/j.jpk.2017.07125.
Sutrisno, D., & Prasetyo, A. (2019). Peran sarana dan prasarana dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Olahraga, 14(2), 45-52. https://doi.org/10.5678/jpo.2019.14205
Wahyudi, H., & Utami, R. (2018). Tantangan sarana olahraga di sekolah perkotaan dan dampaknya terhadap pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Olahraga, 12(1), 88-95. https://doi.org/10.1016/j.jpo.2018.01125
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Indonesia Sport Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.