MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMAN 1 CILEGON

Authors

  • Izzatul Nurul jannah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yusuf Hidayat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Kurnia Eka Wijayanti Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/isj.v8i2.68405

Keywords:

Manajemen, Ekstrakurikuler, Olahraga, Sekolah Menengah, SMAN 1 Cilegon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi manajemen ekstrakurikuler olahraga di SMAN 1 Cilegon melalui lima aspek utama, yaitu peserta, pelatih, sarana dan prasarana, organisasi, dan pendanaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus tunggal. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi terhadap lima cabang olahraga aktif di sekolah tersebut, yaitu futsal, bola voli, basket, pencak silat, dan bulu tangkis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan program ekstrakurikuler dipengaruhi oleh keterpaduan antar aspek. Futsal dan pencak silat merupakan cabang yang paling terkelola dengan baik, didukung oleh pelatih berkualifikasi dan fasilitas latihan yang memadai. Sementara cabang seperti basket dan bulu tangkis masih menghadapi kendala pada aspek pelatih dan pendanaan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen yang terstruktur, dukungan sekolah, dan sinergi antar pemangku kepentingan sangat penting untuk memastikan keberlanjutan dan efektivitas pembinaan ekstrakurikuler olahraga di tingkat sekolah menengah.  

References

Aflada, F., Soegiyanto, S., & Nasuka, N. (2022). Evaluation of Sports Extracurricular Management During the Covid 19 Pandemic Middle School in the District of Tonjong Brebes. Journal of Physical Education and Sports, 11(2), 273–281. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes

Aoyagi, K., Ishii, K., Shibata, A., Arai, H., Fukamachi, H., & Oka, K. (2020). A qualitative investigation of the factors perceived to influence student motivation for school-based extracurricular sports participation in Japan. International Journal of Adolescence and Youth, 25(1), 624–637. https://doi.org/10.1080/02673843.2019.1700139

Arianto, B. (2024). TrianggulasiPenelitianKualitatif-ISBN.

Bailey, R., Armour, K., Kirk, D., Jess, M., Pickup, I., & Sandford, R. (2009). The educational benefits claimed for physical education and school sport: An academic review. Research Papers in Education, 24(1), 1–27. https://doi.org/10.1080/02671520701809817

Gandasari, M. (2023). Application of physical education subjects to the development of student character values. INDONESIAN JOURNAL OF SPORT MANAGEMENT.

John P. Tolentino, A. (2020). COACHING COMPETENCE OF PUBLIC SCHOOL TEACHERS: AN INPUT TO STUDENT-ATHLETE PERFORMANCE. International Journal of Advanced Research, 8(10), 1092–1102. https://doi.org/10.21474/IJAR01/11938

Nurhajati, A., & Suryadi, M. (2025). Philosophy-based Physical Education Management as a Foundation for Police Character Building in Indonesia. Journal Coaching Education Sports, 6(1), 80–92. https://doi.org/10.31599/jces

Putro, B. N., Kristyanto, A., Hidayatullah, M. F., Gusti, I., Ketut, A., & Handayani, R. (2022). Analysis of The Linkages Between The Standard of Sports Facilities, Allocation of Learning Time, and The Number of Students With The Implementation of Physical Education: A Case Study In Indonesia.

Salahudin, Nurgufriani, A., & Muhammad, M. (2024). Fostering Exemplary Character Through Physical Activities in Physical Education Learning. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 2(3), 66–71. https://doi.org/10.59923/champions.v2i3.275

Suharyanto H. Soro, A. R. A. I. R. R. (2024). Manajemen Pembiayaan Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Peningkatan Prestasi Siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran.

Wahab, A., & Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, J. (2021). Indonesian Journal for Physical Education and Sport Manajemen Pembinaan Ekstrakurikuler Sepakbola Di (ITE) College East Sigapore (Issue 2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/inapes

Weerakoon, R. K. (2016). Human resource management in sports: A critical review of its importance and pertaining issues. Physical Culture and Sport, Studies and Research, 69(1), 15–21. https://doi.org/10.1515/pcssr-2016-0005

Yasmin Siti S, A. K., Ulwani Adh Dhuha, Z., Aimar, D., Agung Saputra, D., Taufik Maulana Rifki, M., Nurfaidah, T., Whilky Rizkyanfi, M., & Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, P. (2024). The Role of Physical Education in Forming Student Character Education (Systematic Literature Review). Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME). https://doi.org/10.58258/jime.v10i1.6538/http

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Downloads

Published

2025-08-12

How to Cite

Izzatul Nurul jannah, Yusuf Hidayat, & Kurnia Eka Wijayanti. (2025). MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMAN 1 CILEGON. Indonesia Sport Journal, 8(2), 94–100. https://doi.org/10.24114/isj.v8i2.68405