Analisis PBL Menggunakan Animasi dan Peta Konsep Melalui KBK Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa
Abstract
Salah satu materi pokok dalam mata kuliah Kimia Umum-II yang memiliki kajian yang cukup luas, sarat dengan konsep dan bersifat abstrak adalah kelarutan/hasil kali kelarutan. Materi pokok tersebut akan lebih tepat diajarkan dengan PBL menggunakan animasi maupun peta konsep sehingga mahasiswa mudah memahmi dan menjadikan perkuliahan lebih bermakna. Selain itu, faktor lain yang juga berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar mahasiswa adalah kemampuan berpikir kritis (KBK) mahasiswa. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan PBL menggunakan animasi terhadap hasil belajar kimia mahasiswa yaitu rata-rata hasil belajar kimia mahasiswa yang diajarkan dengan PBL menggunakan animasi lebih tinggi dibandingkan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan dengan model PBL menggunakan peta konsep; 2) terdapat pengaruh yang signifikan KBK mahasiswa terhadap hasil belajar kimia mahasiswa yaitu rata-rata hasil belajar kimia mahasiswa yang memiliki KBK tinggi lebih baik atau lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kimia mahasiswa yang memiliki KBK rendah; 3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan interaksi antara penerapan PBL menggunakan animasi maupun peta konsep ditinjau dari KBK mahasiswa terhadap hasil belajar kimia yang dicapai mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akeju., Simpson, O.O., Rotimi, O.C., & Kenni, M.A. (2012). Teaching With Concept Mapping Instructional Strategy in Nigeria Secondary Schools, Eurasian Journal of Physics and Chemistry Education (EJPCE), (Special Issue):13-19.
Asan, A. (2007). Concept mapping in Science Class: A Study of fifth grade students. Jurnal Educational Technology & Society, 10(1):186-195.
Butar-Butar, R. (2007). Pengaruh Penggunaan Program Animasi Komputer Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri di Kota Sibolga. Tesis tidak diterbitkan. Medan: Program Pascasarjana Unimed.
Dahar, R.W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran, Erlangga, Jakarta.
Elvinawati., (2011). Optimalisasi Pembelajaran Kimia Pemisahan Melalui Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Dan Model Peta Konsep, Jurnal Exacta, IX(1):23-28.
Hasrul., (2011). Desain Media Pembelajaran Animasi Berbasis Adobe Flash CS3 Pada Mata Kuliah Instalasi Listrik 2, Jurnal Medtek, 3(2):
Hayaton., (2014). Penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Proklamasi Kemerdekaan Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Darul Kamal Tahun Pelajaran 2013/2014, Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 17(2):84-91.
Iriani, R., Suharto, B., & Fajar. (2009). Penggunaan Animasi 3D dalam Pembelajaran Struktur Atom. Ittihad Jurnal Kopertis Wilayah XI Kalimantan, 7(11):59-72.
Jati, B.Y., Mulyani, S., & Hastuti, B. (2015). Pembelajaran Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Menggunakan Peta Konsep Dan Peta Pikiran Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI Semester Genap SMA N 1 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(1):104-112.
Jauhari, M. (2011). Implementasi PAIKEM dari Behavioristik Sampai Konstuktivistik: Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL (Contextual Teaching & Learning), Prestasi Pustakaraya, Jakarta.
Liliasari. (2009). Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Sains Kimia Menuju Profesionalitas Guru, http://file.upi.edu/direktori/sps/prodi.pendidikanipa/194909271978032-liliasari /berpikir.kritis.pdf. Diakses 21 Januari 2016.
Novak, D.J. (2010). Learning, Creating, and Using Knowledge: Concept maps as facilitative tools in schools and corporations, Journal of e-learning and Knowledge Society (Je-LKS), 6(3):21-30.
Riyanto, M. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Refrensi Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas, Kencana, Jakarta.
Sakiyo, J., & Waziri, K. (2015). Concept Mapping Strategy: An Effective Tool for Improving Students’ Academic Achievement in Biology, Journal of Education in Science, Environment and Health (JESEH), 1(1):56-62.
Sanjaya, W. (2009). Strategi Belajar Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana, Jakarta.
Simatupang, L., & Dewi, S,R. (2014). Perbaikan Pembelajaran Kuliah Kimia Anorganik Melalui Bantuan Peta Konsep, Jurnal Pendidikan Kimia Pascasarjana Unimed 6(1):19-28.
Syah, M. (2009). Psikologi Belajar, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Trianto., (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kencana, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.24114/jipk.v1i1.12533
Article Metrics
Abstract view : 392 timesPDF - 342 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
CONTACT US
Chemistry Education Study Program
Chemistry Laboratory Bldg 19
Faculty of Mathematics and Natural Science
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar, Psr V Medan Estate, Medan Indonesia (20222)
Email: Jinovpkim@unimed.ac.id
Telp/WA: 082274239349; 081221555995; 081263935974