PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI EKOSISTEM KELAS V SDN BANDAR SETIA

Melita Sagala, Naeklan Simbolon

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang melibatkan peserta didik dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa masih kurang signifikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata Pelajaran IPAS materi ekosistem kelas V SDN 101765 Bandar Setia. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian pre eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah kelas V-A dengan sampel seluruh siswa kelas V-A dengen jumlah peserta didik 28 orang.  Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan tes hasil belajar berupa tes pretest-posttest sebanyak 20 butir soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji paired sample t- test). Hasil perhitungan uji-t dengan syarat taraf signifikan 5% diperoleh Ttabel sebesar 2,051 dan Thitung sebesar 8,971. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, diperoleh Thitung > Ttabel yaitu 8,971 > 2,051. Oleh karena itu, dapat dambil kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS materi eksosistem di kelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.