PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 SUBTEMA 2 KELAS IV
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pemelajaran kooperatif tipe inside outside circle terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 2 kelas IV di SDN 060857 Medan Tembung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 060857 Medan Tembung yang terdiri dari 2 kelas yaitu IV-A sebanyak 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebanyak 14 siswa sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design. Desain yang digunakan nonequivalent control grup design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle lebih tinggi dari hasil belajar yang menggunakan model discovery learning. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle memperoleh pretest sebesar 54,64 dan posttest sebesar 78,05 sedangkan hasil belajar menggunakan model discovery learning adalah pretest sebesar 52,22 dan posttest sebesar 64,64. Hasil pengujian hipotesis membuktikan oleh karena thitung > ttabel yakni 4,22 > 2,04 pada taraf signifikan α=0,05, maka kesimpulannya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 2 kelas IV di SDN 060857 Medan Tembung.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, Yuli, C, dkk. (2022). Prestasi Belajar Ditinjau dari Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Manajemen Waktu Belajar, Serta Lingkungan Keluarga. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 7. Nomor 1.
Budiartini, N.N., Pudjawan, K,. Parmiti, P. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Berbantuan Asesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 1(2). 103-111.
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74
Octavia, S. (2020). Model-model Pembelajaran. Sleman: Deepublish
Payadma, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Prenada Media Group.
Purwanto. (2019). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wahyudi, D., & Marwiyanti, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Mudarrisuna, 7(2), 267. https://doi.org/10.22373/jm.v7i2.2369
Article Metrics
Abstract view : 9 timesPDF - 13 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.