PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA GASING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DI KELAS II SD

Penulis

  • Reni Glory Situmorang Universitas Negeri Medan
  • Albert Pauli Sirait
  • Elvi Mailani
  • Winara .
  • Waliyul Maulana Siregar

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran matematika gasing terhadap hasil belajar siswa pada materi penjumlahan di kelas II SDN 173425 Simanullang Toba. Populasi penelitian iniadalah seluruh siswa sd kelas II yang berjumlah 32 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 16 siswa yang diambil dengan menggunakan  proportional stratified sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan soal test, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan quasi eksperimental. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran matematika gasing berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SDN 173425 Simanullang Toba. Rata-rata posttest hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 83,67 > 53,43. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, disarankan bagi guru untuk dapat menerapkan metode pembelajaran matematika gasing ini supaya siswa tertarik pada pembelajaran matematika dan mendapatkan hasil belajar yang baik.

Diterbitkan

2024-08-31

Cara Mengutip

Situmorang, R. G., Sirait, A. P., Mailani, E., ., W., & Siregar, W. M. (2024). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA GASING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DI KELAS II SD. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 1(5). Diambil dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jisd/article/view/63014

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>