PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 7 KELAS V SDN 1304 MOMPANG KEC.BARUMUN BARU T.A 2023/2024

Himmah Hasibuan, Waliyul Maulana Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperatif tipe STAD berbantuan media kahoot terhadap hasil belajar tema 7 kelas V SDN 1304 Mompang Kec.Barumun Baru T.A 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan metode Quasi Eksperimen. Dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 3 teknik yaitu observasi, tes, dan dokumentasi . Analisis data dengan menggunakan teknik analisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan SPSS versi 26.0. Hasil penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran Cooperative tipe STAD berbantuan media kahoot berpengaruh dan memiliki peningkatan secara signifikan terhadap hasil belajar pada tema 7 kelas V SDN 1304 Mompang T.A 2023/2024. Hasil penelitian ini dapat dibuktikan melalui rata-rata nilai pretest kelas kontrol sebesar 51,87 dan kelompok eksperimen sebesar 54,12 kemudian setelah diberikan perlakuan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen lebih tinggi sebesar74,12 dibandingkan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 68,74. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Cooperatif Tipe STAD Berbantuan Media                        Kahoot.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.