PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SDN 050628 TANJUNG LANGKAT

Authors

  • Novi Olivia Bangun Universitas Negeri Medan

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilakukan pada kelas IV SDN050628 Tanjung Langkat yang didasari permasalahan guru belumpernah menggunakan media pembelajaran interaktif, masihmenggunakan media konkrit dan berpatokan pada buku pelajaransehingga siswa jenuh dan tidak antusias mengikuti pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa mediapembelajaran interaktif berbasis web Articulate Storyline 3 pada matapelajaran IPAS Kelas IV Materi “Mengubah Bentuk Energi”.Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development(R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yangterdiri lima tahap yaitu: (1) Analysis (Analisis), (2) Design(perancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation(implementasi), dan (5) Evaluation (evaluasi). Instrumen yangdigunakan untuk mengukur kualitas media pembelajaran yaitu denganlembar penilaian para ahli dan angket responden. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa: (1) Penilaian kevalidan media menunjukkankriteria valid dengan persentase ahli materi 88%, persentase ahlidesain media sebesar 93%; (2) Penilaian kepraktisan mediamenunjukkan kriteria praktis berdasarkan respon guru denganpersentase 95%, persentase respon siswa 92% yang diperoleh melaluiangket; (3) Penilaian keefektifan media menunjukkan kriteria efektifdilihat dengan adanya peningkatan hasil belajar merujuk padaperolehan N-Gain persen sebesar 63%.Kata Kunci: Media pembelajaran interaktif, web Articulate Storyline3, IPAS

Published

2025-08-23

How to Cite

Bangun, N. O. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SDN 050628 TANJUNG LANGKAT. JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA, 23(1). Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jkss/article/view/67340