PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV

Penulis

  • Novi Olivia Bangun Universitas Negeri Medan
  • Lidia Simanihuruk Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Albert Pauli Sirait Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Sri Mustika Aulia Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Husna Parluhutan Tambunan Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221

DOI:

https://doi.org/10.24114/jkss.v23i1.67340

Kata Kunci:

MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF, WEB ARTICULATE STORYLINE 3 , IPAS

Abstrak

Penelitian dan pengembangan ini dilakukan pada kelas IV SDN 050628 Tanjung Langkat yang didasari permasalahan guru belum pernah menggunakan media pembelajaran interaktif, masih menggunakan media konkrit dan berpatokan pada buku pelajaran sehingga siswa jenuh dan tidak antusias mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis web Articulate Storyline 3 pada mata pelajaran IPAS Kelas IV Materi “Mengubah Bentuk Energi”. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri lima tahap yaitu: (1) Analysis (Analisis), (2) Design (perancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi), dan (5) Evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas media pembelajaran yaitu dengan lembar penilaian para ahli dan angket responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penilaian kevalidan media menunjukkan kriteria valid dengan persentase ahli materi 88%, persentase ahli desain media sebesar 93%; (2) Penilaian kepraktisan media menunjukkan kriteria praktis berdasarkan respon guru dengan persentase 95%, persentase respon siswa 92% yang diperoleh melalui angket; (3) Penilaian keefektifan media menunjukkan kriteria efektif dilihat dengan adanya peningkatan hasil belajar merujuk pada perolehan N-Gain persen sebesar 63%. Kata Kunci: Media pembelajaran interaktif, web Articulate Storyline 3, IPAS

Referensi

Annisa, N., & Perdana, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan 3D Application Scratch Pada Topik Gerak Parabola. Magneton: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(1), 29-35.

Nurmayani, & Meliala, G. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Domino Minus dan Plus Berbasis IT Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Guru Kita, 94.

Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2023). Belajar dan pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada-Rajawali Pers.

Ricca, A., & Simanihuruk, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Model Think Pair Share Berbasis Articulate Storyline Pada Tema 6 Subtema 1 Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Handayani, 14(1), 54-67.

Simanjuntak, E. B., & Naibaho, P. J. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Dinding Virtual Menggunakan Aplikasi Padlet pada Tema 8 Kelas V SD Negeri 3 Pasar Panguruan TA 2022/2023. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(24), 942-952.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran ekonomi. Jurnal teknologi informasi & komunikasi dalam pendidikan, 2(2), 187-200.

Usman, H., & Akbar, P. S. 2020. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo.

Unduhan

Diterbitkan

23-08-2025

Cara Mengutip

Bangun, N. O., Lidia Simanihuruk, Albert Pauli Sirait, Sri Mustika Aulia, & Husna Parluhutan Tambunan. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV . JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA, 23(1), 201–212. https://doi.org/10.24114/jkss.v23i1.67340