ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL PILIHAN GANDA MATA PELAJARAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI KELAS III SD ADVENT NABIRE MENGGUNAKAN ITEMEN
DOI:
https://doi.org/10.24114/jmpsd.v2i6.67348Kata Kunci:
Kualitas Butir Soal, Pilihan Ganda, Agama dan Budi Pekerti, ITEMENAbstrak
Tujuan penelitian ini menganalisis kualitas 20 butir soal ulangan semester II pilihan ganda mata pelajaran Agama dan Budi Pekerti Kelas III semester II SD Advent Nabire menggunakan program ITEMEN. Fokus analisis mencakup tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Hasilnya menunjukkan bahwa 65% soal berkategori sedang dan 35% mudah, tanpa adanya soal sukar, yang mengindikasikan kurangnya variasi tantangan. Mayoritas butir soal (65%) memiliki daya pembeda rendah hingga sangat rendah, menunjukkan ketidakmampuannya dalam membedakan siswa berdasarkan tingkat pemahaman. Kendati demikian, 85% pengecoh berfungsi efektif, menunjukkan desain distraktor yang baik. Disimpulkan bahwa, meski pengecoh sudah baik, kualitas soal secara keseluruhan perlu perbaikan signifikan pada daya pembeda dan distribusi tingkat kesukaran agar instrumen evaluasi lebih valid. Rekomendasi mencakup revisi soal bermasalah, peningkatan kapasitas guru dalam penyusunan soal, dan pengembangan bank soal berkualitas.Referensi
Arikunto, S. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Azwar, Saifuddin. (2016). Dasar-Dasar Psikometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anastasi, A., & Urbina, S. (1997). Psychological Testing (7th ed.). Prentice Hall.
Crocker, L., & Algina, J. (1986). Introduction to Classical and Modern Test Theory. Holt, Rinehart and Winston.
Depdikbud. (1985). Petunjuk Penulisan Butir Soal Tes. Jakarta: Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan
Hambleton, R. K., Swaminathan, H., & Rogers, H. J. (1991). Fundamentals of Item
Response Theory. Sage Publications.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Keputusan
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia
Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka
Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,
Riset, dan Teknologi.
Mardapi, D. (2012). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Nuha Medika.
Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2022). Educational Assessment of Students (8th ed.).
Pearson.
Popham, W. J. (2005). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know (4th
ed.). Pearson Education.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing.
Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sudijono, A. (2017). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Efa Nurlinda Purba, Hermenius Sujati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



