Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 10/26/2025. Baca versi terbaru.

INTEGRASI TARI TOR-TOR DALAM KURIKULUM MERDEKA

ANALISIS POTENSI BUDAYA UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Doni Hutagalung Universitas Negeri Semarang
  • Eko Handoyo Universitas Negeri Semarang
  • Argitha Aricindy Universitas Negeri Semarang
  • Indriana Eko Amaidi Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24114/jmpsd.v3i2.69304

Kata Kunci:

Budaya local, Pendidikan Karakter, Kurikulum Merdeka

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi Tari Tor-Tor dalam Kurikulum Merdeka sebagai sarana pengembangan karakter siswa Sekolah Dasar. Tari Tor-Tor, sebagai warisan budaya Batak yang kaya akan nilai-nilai etika, sosial, dan spiritual, memiliki potensi untuk menanamkan disiplin, gotong royong, dan rasa tanggung jawab pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif, meliputi kajian dokumen kurikulum, teori pendidikan karakter, dan sumber-sumber budaya terkait Tari Tor-Tor. Hasil analisis menunjukkan bahwa Tari Tor-Tor dapat dijadikan media pembelajaran yang efektif karena mampu menggabungkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, sekaligus memperkuat identitas budaya lokal. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan materi ajar berbasis budaya untuk mendukung pembentukan karakter siswa yang berakar pada nilai-nilai luhur bangsa.

Referensi

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Implementasi P5 Melalui Kolaborasi Musik Angklung Dan Tari Tor-Tor Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Fondatia, 8(4), 790–806.

Armansyah, A., Ramadhan, W., & Ok, A. H. (2024). Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal (Melestarikan Budaya Tari Daerah Sebagai Warisan Budaya Bangsa). Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 11(2), 436–451.

Billah, S. R. L., Faruq, A. K., & Thoriq, A. I. (2024). Urgensi Pendidikan Seni Terhadap Perkembangan Aspek Berpikir Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik Siswa. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 8(1), 181–186.

Caesar Naibaho. (2025). Tor-Tor, Warisan Budaya Sumut Instrumen Penting Pembentukan Karakter Menuju Generasi Emas Yang Berakhlak Mulia Konten Ini Telah Tayang Di Kompasiana.Com Dengan Judul "Tor-Tor, Warisan Budaya Sumut Instrumen Penting Pembentukan Karakter Menuju Generasi Ema. Kompasiana. Https://Www.Kompasiana.Com/Agus_Oloan/68b1688ac925c42a0f6e6ce7/Tor-Tor-Warisan-Budaya-Sumut-Instrumen-Penting-Pembentukan-Karakter-Menuju-Generasi-Emas-Yang-Berakhlak-Mulia?Page=3&Page_Images=1&Utm_Source

Desriza, O. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya (Tari Tradisional) Di Kelas Xi Ipa3 Sman 1 Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu. Universitas Islam Riau.

Fazli, D. (2023). Pendidikan Karakter Di Indonesia Dalam Permasalahan Remaja Saat Ini. Kumparan. Https://Kumparan.Com/Dani-Fazli/Pendidikan-Karakter-Di-Indonesia-Dalam-Permasalahan-Remaja-Saat-Ini-20a7ajzl9vc?Utm_Source

Gunawan, H. (2022). Pendidikan Karakter: Konsep Dan Implementasi (Vol. 1, Issue 1). Cv. Alfabeta.

Hasibuan, T. F. (2024). Nilai-Nilai Sosial Dalam Adat Margondang Batak Mandailing (Studi Analisis Deskriptif Di Desa Gunung Manaon, Kecamatan Huristak, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara). Uin Ar-Raniry.

Herlambang, Y. T. (2015). Pendidikan Kearifan Etnik Dalam Mengembangkan Karakter. Eduhumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(1).

Hidajat, R. (2025). 9 Fungsi Pendidikan Seni Tari. Media Nusa Creative (Mnc Publishing).

Iskandar, S., Setiasari, D., Handayani, I., & Pratiwi, P. A. (2025). Implementasi Prinsip Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 195–208.

Juita, F., Effendi, M., & Maryam, S. (2025). Buku Ajar Mata Kuliah Metode Penelitian Kualitatif: Penelitian Kualitatif Untuk Menilik Berbagai Fenomena Sosial. Penerbit Nem.

Lubis, N. (2023). Prosiding Seminar Nasional Pgmi Dan Piaud Uin Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan: Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Kearifan Lokal Di Mi/Sd Dan Piaud. Program Studi Pgmi & Program Studi Piaud Uin Syekh Ali Hasan Ahmad Addary ….

Musa, H. (2025). Pentingnya Pendidikan Seni Dan Budaya Dalam Pembentukan Identitas Siswa Sekolah Dasar. Journal Of Humanities, Social Sciences, And Education, 1(4), 13–23.

Samho, B., & Princessa, M. (2025). Relevansi Filsafat Pendidikan Pragmatisme Dalam Kurikulum Merdeka Bagi Pengembangan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 10(1), 350–367.

Taib, B., Winda Oktaviani, & Budi Rahardjo. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Melestarikan Budaya Lokal Moloku Kie Raha Pada Pendidikan Anak Usia Dini. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 782–797. Https://Doi.Org/10.31316/G-Couns.V9i2.689

Unduhan

Diterbitkan

10/26/2025

Versi

Cara Mengutip

Hutagalung, D., Handoyo, E., Aricindy, A., & Indriana Eko Amaidi. (2025). INTEGRASI TARI TOR-TOR DALAM KURIKULUM MERDEKA: ANALISIS POTENSI BUDAYA UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Merah Putih Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/10.24114/jmpsd.v3i2.69304

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.