INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD LAGU INDONESIA RAYA
TINJAUAN RELIGIUS, FILOSOFIS, DAN PSIKOLOGIS DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24114/jmpsd.v3i1.69325Kata Kunci:
kartu belajar, lagu Indonesia Raya, nilai-nilai kebangsaan, sekolah dasarAbstrak
Pengajaran lagu kebangsaan Indonesia Raya di sekolah dasar sering kali hanya berupa kegiatan menyanyi yang rutin, sehingga para siswa tidak begitu memahami nilai-nilai kebangsaan yang terkandung di dalamnya. Studi ini memperkenalkan kartu flash sebagai sarana pembelajaran baru yang diulas dari sudut pandang keagamaan, filsafat, dan psikologi di Yayasan Pendidikan Al-Hidayah. Metode yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik purposive sampling yang melibatkan 20 siswa dari kelas IV dan satu orang guru kelas. Informasi dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan pengujian media, kemudian dianalisis dengan cara mereduksi data, menampilkan, dan menarik kesimpulan menggunakan triangulasi sumber serta metode. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa kartu flash mampu meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman siswa terkait arti lagu kebangsaan. Proses belajar menjadi lebih melibatkan, menyenangkan, dan sesuai dengan tingkat perkembangan pikiran anak. Dari sudut pandang agama, lagu dipahami sebagai bentuk rasa terima kasih kepada Tuhan; dari aspek filsafat, mendorong pengembangan karakter dan kesadaran akan bangsa; sementara dari perspektif psikologi, sesuai dengan kebutuhan belajar anak yang bersifat visual dan interaktif. Dengan cara ini, flashcard terbukti menjadi alat yang efektif sebagai media kreatif untuk menanamkan nilai kebangsaan dan memperkuat pendidikan karakter di tingkat sekolah dasar.Referensi
Akwan, U. N. P. (2025). Membangun Negara Indonesia berdasar nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam syair lagu kebangsaan Indonesia Raya. Journal Scientific of Mandalika (JSM), 6(5), 1096–1109.
Athoillah, A., Hardiansyah, F., & Shiddiq, A. (2025). Pengaruh media flashcard terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas 3 sekolah dasar. Journal of Human and Education (JAHE), 5(2), 145–153.
Cappa, E., Hamzah, R. A., & Intan, I. (2024). Pengembangan aspek landasan terhadap perancangan kurikulum di sekolah dasar. Scholars: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(1), 14–28.
Disma, E., & Lase, F. (2023). Landasan pendidikan sebagai dasar pengembangan sistem pendidikan nasional. Asian Journal of Education and Social Studies, 41(1),58–67. https://doi.org/10.9734/ajess/2023/v41i1810
Hariyasasti, Y., Setyawati, L., & Widyawati, N. S. (2025). Aliran-aliran filsafat pendidikan dan tokohnya: Kajian literature review. PROFESOR: Professional Education Studies and Operations Research, 2(1), 1–19.
Ilham, M. F., Arba'iyah, Y. S., & Tiodora, L. (2024). Membangun karakter bangsa melalui pendidikan dalam perspektif filsafat idealisme. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 4(1), 16–26.
Irawansyah, B., Sugiarto, B. L. P. D., Lutfiah, I. A., & Ertanti, D. W. (2025). Implementasi karakter nasionalisme peserta didik melalui pembiasaan menyanyikan lagu nasional di sekolah dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 6(1), 156–164.
Lukman, H., Rahmawati, D., & Siregar, A. (2024). Implementasi nilai religius dalam pendidikan era digital. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(1), 33–47.
Mukhibat, M., Fauzan, R., & Prasetyo, B. (2024). Kurikulum moderasi beragama di sekolah dasar: Tantangan dan peluang. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 22–35.
Pridayanti, N., Lestari, D., & Rahmat, A. (2022). Nilai religius dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 145–160.
Puspitasari, W. P., Maharani, C. B., Pertiwi, K. D., & Syaira, S. (2023). Pembinaan karakter nasionalisme siswa sekolah dasar dengan pembiasaan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(18), 155–161.
Shafa, I., Siregar, Z., & Hasanah, N. (2022). Pengembangan media flashcard materi pahlawanku untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2754–2761.
Zainudin, Z., Habibah, N., & Murdiono, M. (2022). Pembelajaran berbasis landasan psikologis dalam pendidikan dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 101–112.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Saskia Nurul Ain, Eva Betty Simanjuntak, Indri Khairunnisa Erwinsyah, Syahkira Sifah Nasution, Trisna Natalia Br Parapat, Selvi Simanjuntak

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



