PERAN KEGIATAN KEAGAMAAN TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA KELAS VI
DOI:
https://doi.org/10.24114/jmpsd.v2i5.69506Kata Kunci:
Kegiatan keagamaan, pembentukan akhlak, Kegiatan keagamaan, akhlak siswa, sekolah dasar, keteladanan, gawaiAbstrak
Kegiatan keagamaan di sekolah memainkan peran penting dalam membentuk akhlak siswa sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kegiatan keagamaan (seperti doa bersama, sholat berjamaah, dan pengajian) terhadap pembentukan akhlak siswa kelas VI di SD IT Al Hijrah 2. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi dengan guru kelas sebagai subjek utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan keagamaan memiliki pengaruh yang signifikan dalam menanamkan nilai disiplin, tanggung jawab, dan rasa hormat. Guru menerapkan metode keteladanan, pembiasaan, dan cerita sebagai strategi utama dalam pengajaran akhlak. Kendala utama yang dihadapi adalah kurangnya konsistensi siswa dalam menerapkan nilai akhlak di luar sekolah, pengaruh negatif gawai dan media sosial, serta variasi dukungan dari orang tua. Disimpulkan bahwa kegiatan keagamaan berfungsi sebagai benteng moral yang kuat bagi siswa di era digital, dan efektivitasnya sangat bergantung pada sinergi antara sekolah, guru, dan orang tua. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan model strategi kolaboratif antara sekolah dan orang tua untuk mengatasi kendala konsistensi akhlak siswa di luar sekolah dan dampak negatif gawai.Referensi
Ahmad, I., & Al-Bukhari. (n.d.). Hadis tentang tujuan diutusnya Rasulullah SAW. Dalam Kitab Hadis.
Al-Ghazali. (2005). Ihya’ Ulumuddin. Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Assingkily, M. S., & Rangkuti, R. (2020). Pendidikan karakter berbasis pembiasaan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 115-128.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nugroho, A., & Sari, F. (2024). Tantangan Pendidikan Karakter dan Akhlak di Era Disrupsi Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 45-60.
Nuraini, L. (2023). Integrasi nilai akhlak dalam kegiatan pembiasaan keagamaan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(1), 45-56.
Qhairum, A., & Utami, S. (2023). The role of digital literacy in strengthening Islamic education. Journal of Islamic Educational Practices, 5(2), 112-125.
Wulandari, D., & Rahman, H. (2024). Inovasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD/MI untuk membangun karakter anak sejak dini. Jurnal Inovasi Pendidikan Islam, 8(1), 77-89.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nurmayani, Gilang Fathir Andikha, Fathia Azzahra Nazfa, Riski Fatma Sofi Nasution, Shalsya Nazyfha, Yuricha Nadwa At tazkia Rambe

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



