Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 10/26/2025. Baca versi terbaru.

INTEGRITASI NILAI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL BAGI GENERASI Z DAN ALPHA

Penulis

  • Mulia Sopiandi Harahap Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ahmad Fauzi Hasibuan Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sultan Syarif Kasim Riau
  • Herlini Puspika Sari Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.24114/jmpsd.v3i2.70024

Kata Kunci:

Filsafat Pendidikan Islam, Teknologi Digital, Generasi Z, Generasi Alpha

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendekatan filsafat pendidikan Islam yang relevan dengan tantangan pembentukan karakter generasi Z dan Alpha di era digital. Masalah utama yang dikaji adalah terjadinya disorientasi nilai dan degradasi moral akibat penetrasi teknologi yang masif dalam kehidupan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan konsep pendidikan Islam berbasis teknologi yang berlandaskan nilai-nilai tauhid, akhlak, dan hikmah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis melalui studi literatur dan telaah kritis terhadap hasil penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Islam dalam teknologi pendidikan mampu menciptakan keseimbangan antara kecerdasan spiritual dan kompetensi digital. Filsafat pendidikan Islam berperan sebagai panduan etis yang mengarahkan penggunaan teknologi menuju pembentukan karakter Qur’ani, cakap digital, dan beradab. Penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan Islam berbasis teknologi memiliki potensi besar dalam membentuk generasi yang adaptif, inovatif, dan berakhlak mulia di era digital.

Unduhan

Diterbitkan

10/26/2025 — Diperbaharui pada 10/26/2025

Versi

Cara Mengutip

Mulia Sopiandi Harahap, Ahmad Fauzi Hasibuan, & Herlini Puspika Sari. (2025). INTEGRITASI NILAI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL BAGI GENERASI Z DAN ALPHA. Jurnal Merah Putih Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/10.24114/jmpsd.v3i2.70024

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.