PERAN PEMBELAJARAN STATISTIK DALAM PENGEMBANGAN LITERASI NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Jefri Habibiy Nasution Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Hanif Luthfi Siregar Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jmpsd.v2i2.70130

Kata Kunci:

Pembelajaran Statistik, Literasi Numerasi, Sekolah Dasar

Abstrak

Kurangnya pemahaman konsep dasar statistika sejak dini berkontribusi pada rendahnya literasi numerasi siswa Sekolah Dasar (SD), padahal kemampuan ini esensial untuk pengambilan keputusan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran signifikan pembelajaran statistik yang terintegrasi dalam kurikulum SD, khususnya dalam kemampuan siswa menafsirkan data, mengidentifikasi tren, dan membuat kesimpulan berbasis bukti. Penelitian menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain pre-test dan post-test pada kelompok intervensi (menerima pembelajaran statistik berbasis proyek) dan kelompok kontrol (pembelajaran matematika konvensional) yang melibatkan 80 siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor literasi numerasi yang jauh lebih tinggi dan signifikan secara statistik pada kelompok intervensi (p<0.01). Secara deskriptif, kelompok intervensi mencapai rata-rata peningkatan (Gain Score) sebesar 82.32% (kategori Tinggi), kontras dengan kelompok kontrol yang hanya mencapai 31.78% (kategori Rendah). Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran statistik yang terstruktur dan kontekstual berperan penting dan efektif sebagai alat untuk mengembangkan kompetensi literasi numerasi siswa SD, memperkuat kemampuan penalaran kuantitatif, dan meletakkan dasar pemikiran berbasis data yang kuat.

Referensi

Alman, A., Herman, T., Prabawanto, S., & Kurino, Y. D. (2023). Literasi statistik dalam pembelajaran matematika SD melalui kurikulum 2013. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1454–1466.

Hayati, R., Pratiwi, U., Hasan, H., & Pujiastuti, H. (2024). Pengembangan modul ajar statistika berbasis Problem Based Learning untuk memfasilitasi kemampuan literasi numerasi siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1763-1775.

Kurniawan, H., Mulyadi, A., & Sumarmo, U. (2020). Peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa melalui pendekatan kontekstual pada materi statistika. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 78–89.

Lestari, W., & Yulianti, K. (2021). Efektivitas model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) terhadap kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(2), 150–160.

Setiawan, E. P. (2021). Literasi statistika dalam kurikulum matematika sekolah dasar (SD) 2004-2020: Tinjauan historis dan pengembangannya. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 1–20.

Kemendikbud. (2021). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Mertler, C. A. (2019). Introduction to Educational Research: A Beginner’s Guide to Action Research. SAGE Publications.

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Global Education and Learning. Paris: OECD Publishing. (Diperlukan untuk mendukung urgensi masalah literasi numerasi).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Alman, A., Herman, T., Prabawanto, S., & Kurino, Y. D. (2023). Literasi statistik dalam pembelajaran matematika SD melalui kurikulum 2013. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1454–1466.

Hayati, R., Pratiwi, U., Hasan, H., & Pujiastuti, H. (2024). Pengembangan modul ajar statistika berbasis Problem Based Learning untuk memfasilitasi kemampuan literasi numerasi siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1763-1775.

Kurniawan, H., Mulyadi, A., & Sumarmo, U. (2020). Peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa melalui pendekatan kontekstual pada materi statistika. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 78–89.

Lestari, W., & Yulianti, K. (2021). Efektivitas model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) terhadap kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(2), 150–160.

Setiawan, E. P. (2021). Literasi statistika dalam kurikulum matematika sekolah dasar (SD) 2004-2020: Tinjauan historis dan pengembangannya. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 1–20.

Unduhan

Diterbitkan

11/01/2024

Cara Mengutip

Nasution, J. H., & Siregar, H. L. (2024). PERAN PEMBELAJARAN STATISTIK DALAM PENGEMBANGAN LITERASI NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Merah Putih Sekolah Dasar, 2(2), 185–192. https://doi.org/10.24114/jmpsd.v2i2.70130

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.