INTEGRASI TARI TOR-TOR DALAM KURIKULUM MERDEKA
ANALISIS POTENSI BUDAYA UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24114/jmpsd.v3i2.69304Kata Kunci:
Budaya local, Pendidikan Karakter, Kurikulum MerdekaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi Tari Tor-Tor dalam Kurikulum Merdeka sebagai sarana pengembangan karakter siswa Sekolah Dasar. Tari Tor-Tor, sebagai warisan budaya Batak yang kaya akan nilai-nilai etika, sosial, dan spiritual, memiliki potensi untuk menanamkan disiplin, gotong royong, dan rasa tanggung jawab pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif, meliputi kajian dokumen kurikulum, teori pendidikan karakter, dan sumber-sumber budaya terkait Tari Tor-Tor. Hasil analisis menunjukkan bahwa Tari Tor-Tor dapat dijadikan media pembelajaran yang efektif karena mampu menggabungkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, sekaligus memperkuat identitas budaya lokal. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan materi ajar berbasis budaya untuk mendukung pembentukan karakter siswa yang berakar pada nilai-nilai luhur bangsa.Referensi
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Implementasi P5 Melalui Kolaborasi Musik Angklung Dan Tari Tor-Tor Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Fondatia, 8(4), 790–806.
Armansyah, A., Ramadhan, W., & Ok, A. H. (2024). Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal (Melestarikan Budaya Tari Daerah Sebagai Warisan Budaya Bangsa). Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 11(2), 436–451.
Billah, S. R. L., Faruq, A. K., & Thoriq, A. I. (2024). Urgensi Pendidikan Seni Terhadap Perkembangan Aspek Berpikir Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik Siswa. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 8(1), 181–186.
Caesar Naibaho. (2025). Tor-Tor, Warisan Budaya Sumut Instrumen Penting Pembentukan Karakter Menuju Generasi Emas Yang Berakhlak Mulia Konten Ini Telah Tayang Di Kompasiana.Com Dengan Judul "Tor-Tor, Warisan Budaya Sumut Instrumen Penting Pembentukan Karakter Menuju Generasi Ema. Kompasiana. Https://Www.Kompasiana.Com/Agus_Oloan/68b1688ac925c42a0f6e6ce7/Tor-Tor-Warisan-Budaya-Sumut-Instrumen-Penting-Pembentukan-Karakter-Menuju-Generasi-Emas-Yang-Berakhlak-Mulia?Page=3&Page_Images=1&Utm_Source
Desriza, O. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya (Tari Tradisional) Di Kelas Xi Ipa3 Sman 1 Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu. Universitas Islam Riau.
Fazli, D. (2023). Pendidikan Karakter Di Indonesia Dalam Permasalahan Remaja Saat Ini. Kumparan. Https://Kumparan.Com/Dani-Fazli/Pendidikan-Karakter-Di-Indonesia-Dalam-Permasalahan-Remaja-Saat-Ini-20a7ajzl9vc?Utm_Source
Gunawan, H. (2022). Pendidikan Karakter: Konsep Dan Implementasi (Vol. 1, Issue 1). Cv. Alfabeta.
Hasibuan, T. F. (2024). Nilai-Nilai Sosial Dalam Adat Margondang Batak Mandailing (Studi Analisis Deskriptif Di Desa Gunung Manaon, Kecamatan Huristak, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara). Uin Ar-Raniry.
Herlambang, Y. T. (2015). Pendidikan Kearifan Etnik Dalam Mengembangkan Karakter. Eduhumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(1).
Hidajat, R. (2025). 9 Fungsi Pendidikan Seni Tari. Media Nusa Creative (Mnc Publishing).
Iskandar, S., Setiasari, D., Handayani, I., & Pratiwi, P. A. (2025). Implementasi Prinsip Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 195–208.
Juita, F., Effendi, M., & Maryam, S. (2025). Buku Ajar Mata Kuliah Metode Penelitian Kualitatif: Penelitian Kualitatif Untuk Menilik Berbagai Fenomena Sosial. Penerbit Nem.
Lubis, N. (2023). Prosiding Seminar Nasional Pgmi Dan Piaud Uin Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan: Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Kearifan Lokal Di Mi/Sd Dan Piaud. Program Studi Pgmi & Program Studi Piaud Uin Syekh Ali Hasan Ahmad Addary ….
Musa, H. (2025). Pentingnya Pendidikan Seni Dan Budaya Dalam Pembentukan Identitas Siswa Sekolah Dasar. Journal Of Humanities, Social Sciences, And Education, 1(4), 13–23.
Samho, B., & Princessa, M. (2025). Relevansi Filsafat Pendidikan Pragmatisme Dalam Kurikulum Merdeka Bagi Pengembangan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 10(1), 350–367.
Taib, B., Winda Oktaviani, & Budi Rahardjo. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Melestarikan Budaya Lokal Moloku Kie Raha Pada Pendidikan Anak Usia Dini. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 782–797. Https://Doi.Org/10.31316/G-Couns.V9i2.689
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 11/03/2025 (2)
- 10/26/2025 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Doni Hutagalung, Eko Handoyo, Argitha Aricindy, Indriana Eko Amaidi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



