ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA CALON GURU FISIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL DINAMIKA ROTASI

Fajrul Wahdi Ginting

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah menjadi bagian yang sangat penting dalam upaya pembelajaran. Sehingga bagi mahasiswa calon guru fisika sangat diharuskan memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik agar bisa mendidik dan membimbing siswa untuk menyelesaikan soal fisika sesuai prosedur pemecahan masalah yang tepat.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa pada program studi pendidikan fisika Universitas Malikussaleh dalam memecahkan masalah pada materi dinamika rotasi secara matematis. Subjek pada penelitian ini adalah 30 mahasiswa program studi pendidikan fisika Universitas Malikussaleh yang mengikuti perkuliahan Kajian Fisika Kejuruan. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling untuk pengambilan sampel. Pengumpulan data dilaksanakan melalui pemberian instrumen tes berbentuk esai tes yang berjumlah enam butir soal, dengan indikator pada tiap soal diadaptasi dari rubrik pemecahan masalah yang dikembangkan oleh Polya. Dari analisis data diperoleh bahwa sebanyak 37% mahasiswa berada pada kriteria baik untuk penilaian kemampuan pemecahan masalah, 57% mahasiswa berada pada kriteria cukup, sedangkan sisanya 6% berada pada kriteria kurang. Faktor yang menjadi kesulitan mahasiswa pada upaya pemecahan masalah adalah kurang terlatihnya mahasiswa dalam menyelesaikan soal dan pemahaman konsep awal yang berhubungan dengan materi yang diberikan ke mahasiwa masih cukup lemah.

Keywords


kemampuan pemecahan masalah, dinamika rotasi, calon guru

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Gagne, R.M. & Briggs, L. J. (1979). Principles of Instructinal Design. Second Edition.

Ge, Xun & Land. S.M. (2004). A Conceptual Framework for Scaffolding Ill-Structured Problem solving Processess Using Question Prompts and Peer Interactions. ETR&D, Vol. 52 (2, pp 5-22.

Ginting, F. W., Muliaman, A., Lukman, I. R., & Mellyzar, M. (2020). Analysis of The Readiness of Education Study Program Students To Become Pre-Service Teacher Based on Teacher Competency Standards. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 120–127.

Halliday, D., & Resnick, R. (2013). Fundamentals of Physics Extended-Wiley (J. Walker (ed.); 10th ed.). CLEVELAND STATE UNIVERSITY.

Mellyzar, M., & Muliaman, A. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Ikatan Kimia. Lantanida Journal, 8(1), 40. https://doi.org/10.22373/lj.v8i1.6420

Muliaman, A., & Mellyzar, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Project Based Learning Pada Materi Laju Reaksi. Chemistry in Education, 9(2), 91–95.

Nadhini, A. V., Suyudi, A., Nandari, E. M., Husna, S., & Futihatul. (2017). Analisis Kemampuan Siswa SMA Kelas XI Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 2(2), 56–60.

Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1), 172–179.

Nurcahyo, A. W. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Hukum Newton Tentang Gerak Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jember Melalui Pembelajaran Cooperative Problem Solving. DISERTASI Dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Polya, G. (1973). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press.

Sugiyono. (2011). Metodologi Penelitian, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wahyuni, I. H., & Umam, K. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Fisika Universitas Negeri Malang. Universitas Negeri Malang. Jurnal Kependidikan Betara, 4(1), 193–200.

Yuliana, A. S., Parno, & Taufiq, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Rubrik yang Dikembangkan Docktor pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 524–530.




DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v10i1.25264

Article Metrics

Abstract view : 331 times
PDF - 399 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Fajrul Wahdi Ginting, Fajrul Wahdi Ginting

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.