WEB Google Sites Sebagai Multimedia Interaktif Meingkatkan Literasi Digital dan Hasil Belajar Fisika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpf.v14i1.66692Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh multimedia interaktif yang berbasis web google sites terhadap literasi digital dan hasil belajar fisika siswa pada materi Fluida Statis di kelas XI IPA SMA. Jenis penelitian ini quasi eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh kelas XI IPA SMA Katolik Mariana Medan T.A 2023/2024 yang terdiri dari 2 kelas ( 56 orang) . Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA-1 (kelas eksperimen) dan kelas XI IPA-2 (kelas kontrol) yang diambil dengan teknik sampling jenuh, masing – masing kelas berjumlah 28 orang. Instrumen tes yang digunakan berbentuk pilihan berganda yang masing – masing mengukur tes hasil belajar fisika siswa dan angket sebagai pengukur peningkatan literasi digital siswa. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji manova dan N-gain. Nilai rata – rata pretes hasil belajar kelas eksperimen sebesar 37,71 dan pada kelas kontrol 34,29. Nilai rata – rata pretes literasi digital kelas eksperimen sebesar 74,57 dan pada kelas kontrol 52,86. Nilai rata – rata postes hasil belajar fisika siswa pada kelas eksperimen sebesar 76,14 dan pada kelas kontrol 56,71. Nilai rata – rata literasi digital pada kelas eksperimen sebesar 93,14 dan pada kelas kontrol 67,25. Bedasarkan hasil penelitian diperoleh rata – rata postes kelas eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol. Hasil uji manova data postes menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan yang berarti terdapat pengaruh multimedia interaktif berbasis web google sites terhadap literasi digital dan hasil belajar fisika siswa. Peningkatan N-gain literasi digital pada kelas eksperimen 0,72 (tinggi) dan N-gain hasil belajar fisika siswa pada kelas eksperimen 0,61 (sedang).Downloads
Published
2025-06-29
How to Cite
Zebua, I. W., Motlan, & Simanjuntak, M. P. (2025). WEB Google Sites Sebagai Multimedia Interaktif Meingkatkan Literasi Digital dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 14(1), 97–111. https://doi.org/10.24114/jpf.v14i1.66692
Issue
Section
Jurnal Pendidikan Fisika Volume 14//No.1//Juni 2025
License
Copyright (c) 2025 Ita Wira Zebua, Motlan, Mariati P Simanjuntak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.