EFEKTIVITAS MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN WEB-BASED SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DAN BERPIKIR KRITIS
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpf.v13i2.62281Keywords:
Model Guided Discovery Dearning, Web-Based Simulations, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Literasi Digital.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan model pembelajaran Guided discovery learning berbantuan web-based simulation dalam meningkatkan kemampuan literasi digital dan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran fisika. Penelitian dilakukan di SMAN 5 Kota Medan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi experiment dengan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian diaimbil dengan Teknik simple random sampling yang terdiri dari kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Intrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan literasi digital dan tes kemampuan berpikir kritis dengan soal essai. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa model guided discovery learning berbantuan web-simulation berpengaruh terhadap kemampuan literasi dan kemampuan berpikir kritis dengan nilai signifikansi <0,001 serta efektif dengan hasil n-gain score literasi digital dan kemampuan berpikir kritis berturut-turut 0,66 dan 0,71 dengan kategori sedang dan tinggi. Model pembelajaran guided discovery learning berbantuan web-based simulation tidak secara langsung berkontribusi pada peningkatan kemampuan literasi digital dan kemampuan berpikir kritis peserta didik, ini dikarenakan hasil uji korelasi yang menunjukkan signifikan namun bertanda negative, yang artinya mungkin ada factor-faktor lain yang memungkinkan memiliki pengaruh yang lebih dominan dalam meningkatkan kedua kemampuan tersebut.References
Asriani. (2018). Penggunaan media simulasi virtual pada proses pembelajaran terhadap pemahaman konsep peserta didik SMA Negeri 1 Bua Ponrang. Jurnal Sains Dan Pendidikan FIsika, 14(1).
Azizah, M. (2020). Pengaruh Kemajuan Teknologi Terhadap Pola Komunikasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (Umm). Jurnal Sosiologi Nusantara, 6(1).
Becker, B. W. (2018). Information Literacy in the Digital Age: Myths and Principles of Digital Literacy. School of Information Student Research Journal, 7(2). https://doi.org/10.31979/2575-2499.070202
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-learning and the Science of Instruction important: Fourth Edition. Published by John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey.
Derlina, D., & Sitepu, E. (2018). EFEK MODEL POBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM, IMPULS, DAN TUMBUKAN DI SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM T.A. 2017/2018. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 6(3). https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i3.11117
Handayani, F. (2020). Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Literasi Digital Berbasis STEM pada Masa Pandemik Covid 19. Cendekiawan, 2(2). https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.184
Herman. (2016). Model Blended Learning. Universitas Atmajaya.
Kumar, M., & Tiwari, B. R. (2018). Physics Teaching with Simulation Techniques. Advanced Journal of Social Science, 4(1). https://doi.org/10.21467/ajss.4.1.8-10
Larasati, D. P., & Sucahyo, I. (2021). Tren Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery untuk Mengajarkan Materi Fisika di SMA. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1). https://doi.org/10.26740/ipf.v10n1.p144-152
Mustofa, Z. (2019). Pengaruh Discovery Learning Berbantuan E-Learning Dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Tentang Konsentrasi Larutan Dan Aplikasinya. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p14--29
Patrick Griffin, E. C. (2015). Assessment and Teaching of 21 Century Skills Methods and Approach. In Springer.
Perdana, R., Riwayani, Jumadi, & Rosana, D. (2020). Effectiveness of Web-Based Simulation Integrated with Guided Discovery Learning to Enhance Students™ Critical Thinking Skills in Physics. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200521.016
Pratama, W. A., Hartini, S., & Misbah. (2019). Analisis Literasi Digital Siswa Melalui Penerapan E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 06(1).
Priastuti, P., Sani, R. A., Derlina, D., & Pohan, A. F. (2020). Effect of Collaborative Inquiry on the Understanding of the Concept and Ability of Critical Thinking. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201124.102
Pujilestari, Y. (2020). Dampak positif pembelajaran online dalam sistem pendidikan Indonesia pasca pandemi covid-19. Adalah: Buletin Hukum Dan Keadilan, 4(1).
Ramli, R., Yohandri, Y., Sari, Y. S., & Selisne, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Fisika Berbasis Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 4(1). https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss1/405
Reynolds, R., & Chiu, M. M. (2013). Formal and informal context factors as contributors to student engagement in a guided discovery-based program of game design learning. Learning, Media and Technology, 38(4). https://doi.org/10.1080/17439884.2013.779585
Rizaldi, A. (2019). The Role Of Strategic Leadership And Work Life Quality On Improving Work Productivity. Indonesian Journal Of Strategic Management, 2(2).
Wang, J. Y., Wu, H. K., & Hsu, Y. S. (2017). Using mobile applications for learning: Effects of simulation design, visual-motor integration, and spatial ability on high school students™ conceptual understanding. Computers in Human Behavior, 66. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.09.032
Yunita, I., Bintartik, L., & Sukamti, S. (2022). Pengaruh Model Guided Discovery Learning (GDL) Berbantuan Benda Konkret terhadap Kemampuan Menganalisis Siswa Kelas V pada Muatan IPA Tema 6. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(6). https://doi.org/10.17977/um065v2i62022p546-556
Yusuf, Y., Yuliawati, L., & Gumelar, R. H. (2023). Application Of Guided Discovery Learning (Gdl) Model In An Effort To Improve Students™ Mathematical Problem Solving Ability. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(2). https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i2.10641
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gusrianta Gusrianta, Mariati P Simanjuntak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.