VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, N. F., & Susilaningsih, E. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Sistem Pencernaan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2), 1380–1389. https://doi.org/10.15294/jipk.v8i2.4443
Anggara, R. P., & Ariawan, R. (2022). Pengembangan Soal Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Materi SPLTV Bernuansa Islami Kelas X. Prisma, 11(1), 122–129. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.1994
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Ayu, P. E. S. (2019). Keterampilan Belajar dan Berinovasi Abad 21 Pada Era Revolusi Industri 4.0. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 3(1), 77–83.
Dwy, E., Fitri, A., & Utari, T. (2016). Instrumen Penilaian 4C’S (Creative Skill, Cmmunicative Skill, Collaborative Skill And Critical Thinking Skill) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 38–50.
Elyana, Yennita, & Fakhruddin. (2017). Analysis Higher Order Thinking Skills (Hots) Student Man 2 Model Pekanbaru in Problem Solving of Physic National Exam. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(1), 1–9.
Facione, P. a. (2011). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. Insight Assessment, ISBN 13: 978-1-891557-07-1., 1–28.
Febriano, R., Tandililing, E., & Enawaty, E. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dengan Menggunakan Analisis Model Rasch Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(9), 1–12. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/49587/75676590680
Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1), 26–50. https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714
Heong, Y. M., Othman, W. B., Yunos, J. B. M., Kiong, T. T., Hassan, R. Bin, & Mohamad, M. M. B. (2011). The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills among Technical Education Students. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2), 121–125. https://doi.org/doi.org/10.7763/Ijssh.2011.V1.20
Hidayanti, R., Alimuddin, & Syahri’, A. A. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender Pada Siswa Kelas VII.1 Smp Negeri 2 Labakkang. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(1), 71–80.
Iffa, U., Fakhruddin, & Yennita. (2017). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOST) Siswa SMP N 1 Salo Dalam Menyelesaikan Soal Ujian Nasional IPA Fisika Tingkat SMP/MTS. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–9.
Izzah, L., Supriadi, B., & Maryani. (2017). Pengembangan Modul Dilengkapi Kejadian Nyata Pada Konseplistrik Dinamis Ipa Smp. FKIP E-PROCEEDING, 2(1), 1–7.
Kartimi, & Liliasari. (2012). Pengembangan Alat Ukur Berpikir Kritis Pada Konsep Termokimia Untuk Siswa SMA Peringkat Atas Dan Menengah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 21–26. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2008
Kumalasari, S. N., & Putra, N. M. D. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Gelombang Cahaya Untuk Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal, 10(3), 256–263. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
Mas’ula, N., & Rokhis, T. A. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Pokok Bahasan Kinematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(3), 177–185. https://doi.org/10.30998/sap.v4i3.6279
Nuswowati, M., Binadja, A., Soeprodjo, & Ifada, K. E. N. (2010). Pengaruh validitas dan reliabilitas butir soal ulangan akhir semester bidang studi Kimia terhadap pencapaian kompetensi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 566–573.
Rahayu, R., & Djazari, M. (2016). Analisis Kualitas Soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11370
Rusyna, A. (2014). Keterampilan berpikir. Yogyakarta: Ombak.
Saputra, H. (2016). Pengembangan mutu pendidikan menuju era global: Penguatan mutu pembelajaran dengan penerapan hots (high order thinking skills). Bandung: Smile’s Publishing.
Sari, A. P. (2017). Analisis Validitas Butir Soal IPA Fisika Kelas VIII Buatan Mahasiswa Berdasarkan Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Dan Tujuan Pembeajaran di SMP Negeri 26 Makassar. universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Setiyawan, A. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Reliabilitas Tes. Jurnal An Nûr, VI(2), 341–354. https://jurnalannur.ac.id/index.php/An-Nur/article/download/53/55/164#:~:text=Berdasarkan uraian sebelumnya%2C dapat disimpulkan,kesulitan tes%2C dan homogenitas tes.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian dan pengembangan. Res. Dev. D, 2015, 39–41.
Sukardi, H. M. (2011). Evaluasi pendidikan prinsip dan operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.
Utari, J. I., & Ermawati, F. U. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Miskonsepsi Berformat Four-Tier untuk Materi Suhu, Kalor dan Perpindahannya. Inovasi Pendidikan Fisika, 7(3), 434–439.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v12i1.42833
Article Metrics
Abstract view : 387 timesPDF - 650 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nadila Aisyah Putri, Fakhruddin Z, Naila Fauza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.