Cover Image

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Abdul Ra'uf Ash Shiddiqy, Ridwan Abdullah Sani

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa ketika pembelajaran daring, hingga peneliti bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis Sparkol dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMAN 1 Pekaitan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model Pengembangan ADDIE. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X dan XI SMAN 1 Pekaitan Semester Ganjil T.P 2021/2022. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel 9 orang kelas XI MIA dan 30 orang kelas X MIA yang ditentukan dengan purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket penilaian media dan soal tes kemampuan berpikir kritis. Dimana instrumen soal tes kemampuan berpikir kritis telah teruji valid dan reliabel dengan menggunaan SPSS 26. Berdasarkan analisis data hasil angket media, didapatkan video pembelajaran berbasis Sparkol dinyatakan layak untuk diterapkan dikelas, dengan nilai 75% mutu teknis dan 77,5% aspek media oleh ahli media, sedangkan oleh ahli materi mendapat nilai 73,3% aspek media dan 92,5% kesesuaian materi, berdasarkan nilai tersebut video pembelajaran yang dihasilkan termasuk dalam kategori baik oleh ahli media dan ahli materi. Penggunaan video pembelejaran berbasis Sparkol berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan peningkatan nilai n-gain sebesar 0,74 yang tergolongong tinggi dalam kategori faktor gain. Penelitian ini bermanfaat memperbaiki kualitas pembelajaran guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Keywords


Video Pembelejaran berbasis Sparkol, Model Pengembangan ADDIE, Kemampuan berpimir kritis.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2011). Ulumul Qur’an. Pustaka Belajar.

Amatullah, F., Rosa, R. N., & Fitrawati, F. (2019). an Analysis of Multimodal in Beauty Product Advertisements. English Language and Literature, 8(1). https://doi.org/10.24036/ell.v8i1.103122

Anwar, A. (2004). Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan. Wijaya.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

Joyce, K. E., & White, B. (2015). Remote sensing tertiary education meets high intensity interval training. International Archives of the Photogrammetry, Remote Sensing and Spatial Information Sciences - ISPRS Archives, 40(7W3), 1089–1092.

https://doi.org/10.5194/isprsarchives-XL-7-W3-1089-2015

Kurniawati, N. N. (2014). Komunikasi Antarbudaya. Graha Ilmu.

Made, P. (2009). LandasanKependidikan Stimulus IlmuPendidikanBercorak Indonesia. PT Rineka Cipta.

Sukmadinata, N. S. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v13i1.44405

Article Metrics

Abstract view : 84 times
PDF - 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Abdul Ra'uf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.