INSTRUMEN PENILAIAN PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN BERMUATAN BLENDED LEARNING UNTUK SISWA SMP/MTS

Lita Sentiana Hutapea

Abstract


Abstrak Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan instrumen asesmen keterampilan menulis teks cerpen dan teks fabel dan mendeskripsikan hasil uji reliabilitas produk instrumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan adaptasi O’Malley dan Pierce (1994). Ada empat produk dalam penelitian ini yakni (1) tugas menulis autentik teks cerpen, (2) panduan guru menulis untuk teks cerpen, (3) tugas menulis autentik teks fabel, dan (4) panduan guru untuk menulis teks fabel. Hasil penelitian pengembangan ini yaitu (1) produk instrumen asesmen teks cerpen mendapatkan nilai korelasi dan (2) produk instrumen asesmen teks fabel mendapatkan nilai korelasi. Nilai korelasi yang diperoleh produk instrumen asesmen teks cerpen dan teks fabel artinya produk instrumen asesmen teks cerpen dan teks fabel memiliki reliabilitas yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pengembangan model Blended Learning pada teks cerpen, dan (2) menghasilkan model Blended Learning yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian pengembangan atau Research and Development. Proses Pengembangan model Blended Learning mengacu pada model pengembangan ADDIE.

Keywords


instrumen asesmen, menulis, teks cerpen, teks fable, Blended Learning.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/edukasi%20kultura.v7i2.22007

Article Metrics

Abstract view : 341 times
PDF - 1711 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.