Penerapan Evaluasi Formatif Pada Pembelajaran IPA SDN 060858 Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Auni Afifah Novianti Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Artha Uli Sitanggang Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Clodia Kristy Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Kristin Natalia Warasi Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Rima Melati Saputri Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Nurhudayah Manjani Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221

DOI:

https://doi.org/10.24114/edukasikultura.v12i1.66480

Keywords:

Evaluasi Formatif, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan evaluasi formatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SDN 060858 Medan dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi formatif dilaksanakan melalui tiga tahapan utama: perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Evaluasi ini dilakukan secara berkelanjutan selama pembelajaran dengan metode seperti pertanyaan lisan, eksperimen sederhana, kuis singkat, dan diskusi kelompok. Evaluasi formatif terbukti meningkatkan pemahaman konsep, partisipasi aktif siswa, dan hasil belajar secara keseluruhan. Guru juga dapat menyesuaikan strategi pembelajaran berdasarkan hasil evaluasi, sehingga proses belajar menjadi lebih adaptif dan bermakna.

References

Adella, I., Sari, M., & Yuniar, R. (2020). Analisis Evaluasi Formatif dalam Pembelajaran IPA di Kelas 4 SDN 07 Pagi Tegal Alur. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 101–110.

Adella, dkk. (2020). ANALISIS EVALUASI FORMATIF DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS 4 SDN 07 PAGI TEGAL ALUR. Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar. 4(01).

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Asworo, dkk. (2024). PENTINGNYA PENILAIAN FORMATIF TERHADAP PERKEMBANGAN SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pengembangan dan Penelitian Pendidikan. 06(03).

Batubara, DNB., Palupi, L., Siahaan, SA., Mailani, E., dan Manjani, N. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa SD. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research. 4(03), (17129-17135). https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.

Dewi Putu, dkk.(2021). Teori dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Farida, NK. (2016). Pembelajaran IPA SD. Malang: Ediide Infografika

Fitriani, A., dkk. (2022). PENGERTIAN PENDIDIKAN, ILMU PENDIDIKAN DAN UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN.Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam. 2(1).

Gumilar, E. (2023). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN IPA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR / MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Ilmiah Pedagogy. 2(1).

Juliana, dkk. (2023). Analisis Karakteristik Hakikat Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JPPD: Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar. 10(1), (37-44).

Lillah, S. ( 2024). PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN IMAM AN-NAWAWI RANTAUPRAPAT SUMATERA UTARA. UNISAN JURNAL: JURNAL PENGEMBANGAN DAN PENDIDIKAN. 3(8), (563-572).

Magdalena, I., dkk. (2020). ANALISIS INSTRUMEN EVALUASI FORMATIF PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN SALEMBARAN III. Bintang : Jurnal Pendidikan dan Sains. 2 (1), (68-82).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nadya, A., dkk. (2023). Hakikat Evaluasi (Pengertian Pengukuran, Penilaian, Evaluasi; Fungsi & Tujuan Penilaian, Ciri-Ciri Penilaian Pendidikan). JMPAI: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam. 2(2),(Hal 228-233).

Nurhasanah, N., dkk. (2023). Evaluasi Pembelajaran Dikelas. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa. 1 (2).

Purwanto, P., & Setiyatna, H. (2009). Bentuk Tes Formatif Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir.

Putri, A. M., & Zakir, M. (2023). Evaluasi Formatif sebagai Strategi Efektif dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 5(1), 45–56.

Putri, S. & Zakir, F. (2023). Mengukur Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran: Telaah Evaluasi Formatif Dan Sumatif Dalam Kurikulum Merdeka. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora. 2(4).

Riska Awaliyah Wahyuni. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, DISCUSS, EXPLAIN,OBSERVE, DISCUSS, EXPLAIN (PDEODE). Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020.

Siregar, N., Saputra, R. H. & Fadila, R. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III SD Negeri 0118 Sibuhuan Julu. Student Research Journal. 1(5), (hal 319-326).

Sunaryati, T. (2024). ANALISIS PERAN EVALUASI FORMATIF DALAM MENDUKUNG KEBERHASILAN PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 9 (3).

Sunaryati, D., Sulastri, W., & Hartati, R. (2024). Peran Evaluasi Formatif dalam Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 10(1), 22–34.

Uliza, EF. (2025). Persiapan Sekolah dalam MengimplementasikanHakikat Evaluasi Pembelajaran di di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tambusa. 9 (01).

Downloads

Published

06/30/2025

How to Cite

Novianti, A. A., Sitanggang, A. U., Kristy, C., Warasi, K. N., Saputri, R. M., & Manjani, N. (2025). Penerapan Evaluasi Formatif Pada Pembelajaran IPA SDN 060858 Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. EDUKASI KULTURA JURNAL BAHASA SASTRA DAN BUDAYA, 12(1), 516–526. https://doi.org/10.24114/edukasikultura.v12i1.66480

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.